Kabar Baru, Transportasi Online Sampai Pelosok Gunungkidul

693

KORANBERNAS.ID — Aplikasi penyedia jasa kendaraan sewa online sudah merambah ke wilayah pedesaan termasuk pinggiran dan tujuan wisata. Sebut saja penyedia layanan transportasi berbasis daring Grab mulai masuk ke wilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Ojek online tersebut telah mulai beroperasi, dan juga telah melakukan perekrutan driver atau pengemudi.

Berdasarkan pantauan dari aplikasi masih belum banyak aktivitas yang terlihat. Ketika diperiksa di aplikasi Grab, hanya terdapat beberapa pengemudi Grab Bike, dan pengemudi mobil atau Grab Car yang tengah beroperasi.

Salah seorang warga Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Wahyu, mengatakan, dirinya sudah mendaftar dan menunggu aplikasi diaktifkan. Dirinya pun sudah berkas untuk melakukan pendaftaran menjadi driver Grab Bike.

Baca Juga :  Rumah Roboh, Penghuni Terluka

“Sudah aktif dan menunggu dari sana untuk diaktifkan,”katanya Selasa (5/9/2017)

Masuknya daring Grab di Kabupaten Gunungkidul belum diketahui oleh otoritas setempat. Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul sendiri belum mengetahui masuknya jasa layanan transportasi melalui daring tersebut di Gunungkidul.

“Kami malah tidak mengetahui jika sudah ada transportasi online disini,”kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul, Syarief Armunanto.

Pihaknya masih menunggu dari pemerintah pusat terkait regulasi yang akan mengatur. Baru setelah ada petunjuk yang lengkap dapat dilakukan pengaturan. Apalagi, Peraturan Menteri Perhubungan nomor 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Layak Trayek, beberapa poin direvisi oleh Mahkamah Konstitusi.

“Kita tunggu seperti apa nantinya sehingga kami belum bisa berkomentar lebih banyak,”ucapnya.

Baca Juga :  Batal Nikahkan Anak, Pasutri Tewas

Salah satu pengemudi Ojek tradisional di sekitar kecamatan Playen, Hendra berharap pemerintah mengatur secara baik terkait regulasi, jangan sampai mematikan transportasi yang memiliki masa kejayaan awal tahun 2000- an ini. (yve)