Kabar Gembira!. Hanya Tunjukan e KTP, Bebas Biaya Berobat

933

KORANBERNAS.ID–Kabar gembira bagi masyarakat yang berada di 10 kecamatan di Kabupaten Kebumen.  Warga yang tidak miskin tapi juga tidak mampu, bisa berobat gratis di puskesmas. Caranya cukup menunjukan e KTP dengan domisili Kabupaten Kebumen. Ada 10 puskesmas yang direncanakan melayani masyarakat kelompok ini. Anggaran untuk program ini dialokasikan Rp 4 miliar.

“Dalam waktu dekat program ini kami launching,“  kata Bupati Kebumen HM Yahya Fuad di hadapan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ketika kunjungan kerja di Kebumen Sabtu (23/09/2017).

Program ini bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk mengurangi jumlah penduduk tidak mampu. Sebagai kabupaten dengan jumlah penduduk miskin terbanyak ke-2 di Jateng, Pemkab Kebumen berupaya melaksanakan berbagai program untuk masyarakat tidak mampu.

Fuad menambahkan, dalam hal pelayanan kesehatan ketika sakit, masyarakat miskin sudah dilindungi dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Namun program JKN ini belum menjangkau masyarakat yang tidak masuk dalam kelompok miskin. Masyarakat diluar kelompok miskin, tetapi sebenarnya juga belum bisa dikatakan mampu.

“Masyarakat seperti inilah, yang akan dilindungi  program ini.  Jumlahnya ada 50.000 orang,”kata Yahya Fuad.

Kepada koranbernas.id Kepala Dinas Kesehatan Kebumen dr Hj Y Rini Kristiani MKes menjelaskan, 10 puskesmas yang akan melayani program ini, meliputi  Puskesmas Rawat Inap Ayah I, Gombong I, Karanganyar, Karangsambung, Petanahan, Pejagoan, Kutowinangun, Mirit, Ambal I dan Alian.

Rumah sakit rujukan untuk program ini, Rumah Sakit dr Soedirman Kebumen dan Rumah Sakit Umum Daerah Prembun. Kedua rumah sakit ini milik Pemkab Kebumen

“Anggaran untuk pelayanan kesehatan non JKN 4 miliar rupiah,” kata Rini Kristiani sembari menyebut jumlah peserta program ini, berdasarkan data per September 2017 mencapai 41.000 orang lebih.(SM)