Kader Perempuan Mulai Unjuk Diri

232
Ketua DPC PDI Perjuangan Bantul, Aryunadi SE didampingi Ketua Bapillu Hanung Raharjo, pengurus, caleg dan satgas menggelar jumpa pers pencalegan di Kantor DPC PDIP Bantul, Jalan Lingkar Timur Gempolan, Senin (21/05/2018) siang. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bantul secara resmi merilis 45 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang akan bertarung dalam Pileg 2019 dalam Jumpa Pers di Kantor DPC PDIP Bantul, Jalan Lingkar Timur, Gempolan, Senin (21/5/2018) siang.

Dari 45 Bacaleg tersebut sebanyak 20 orang atau 44,4 persen merupakan Bacaleg perempuan. Adapun tingkat pendidikan untuk SMA ada 23 orang, S2 ada 21 orang dan S2 ada satu orang. Ada juga yang sedang menempuh pendidikan S2 UGM.

Rentang usia termuda Dian (22 tahun) dan Sugeng Oni (64 tahun) semua dari Banguntapan. Diantara 45 Bacaleg, sebanyak 12 orang adalah incumbent yakni yang sekarang sudah duduk sebagai anggota DPRD  Kabupaten Bantul.

“45 tersebut merupakan hasil penjaringan dari 64 orang pendaftar yang berkasnya sudah kita verifikasi dan seleksi di internal partai,”kata Aryunadi SE  Ketua DPC PDIP Bantul. Semua yang terjaring merupakan kader partai dan telah memenuhi syarat. Termasuk untuk Bacaleg perempuan juga sudah memenuhi syarat  serta mengikuti kelas kader yang digelar partai dengan Ketum Hj Megawati Soekarno Putri tersebut.

Baca Juga :  Pelajar ASEAN Memahami Batik

Para Bacaleg itu  akan dimagangkan di DPRD Bantul. Mereka akan mengikuti kegiatan sidang yang sekiranya terbuka untuk umum ataupun pembahasan-pembahasan yang diperbolehkan diikuti oleh orang luar dan tidak bersifat tertutup

“Pemagangan ini untuk memberi pembekalan kepada mereka tentang ketugasan dewan. Sehingga saat nanti terjun, ajur ajer di tengah masyarakat mereka lebih percaya diri,”katanya.

Pemagangan itu menurut Aryun tidak menyalahi aturan perundangan apapun. Selain Cabaleg untuk DPRD Bantul, DPC PDIP Bantul juga menjaring empat nama untuk maju di DPRD DIY yakni Katir Tri Atmojo dan Tustiyani di Dapil Bantul Timur, serta Joko Purnomo SE dan  Aditya Bima Prasatya (Satya) untuk Dapil Bantul Barat.

Baca Juga :  Jalur Wisata Tlogo Muncar danTlogo Nirmolo Dibuka

Ditambah  nama Balaleg dari DPD PDIP DIY yakni  KPH Purbodiningrat dan Wulandari untuk Dapil Bantul Barat serta Yoeke Indra L untuk Dapil Bantul Timur. Sementara untuk DPR RI, DPC PDIP Bantul menjaring satu nama Drs HM Idham Samawi.

Sedangkan Hanung Raharjo mengatakan mereka memiliki target dari 6 Daerah Pemilihan (Dapil) di Bantul , setiap Dapil diwakili 3 orang kader mereka. Sehingga total ada 18 kader PDIP yang akan duduk di kursi dewan. Dan setiap Dapil diharap pula ada kader perempuan yang duduk disana.

“Tentu untuk bisa mencapai target tersebut banyak hal yang kita lakukan. Diantranya adalah terjun langsung ke tengah masyarakat,” jelasnya. (yve)