Kades Merasa Takut Keluarkan Anggaran

290
Para kepala desa Aceh Tenggara mengikuti Bimbingan Teknis di Jogja. (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID —  Sebanyak 41 kepala desa (Kades) dari Kecamatan Deleng Pokhisen Aceh Tenggara Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan Desa yang Baik. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Tara Yogyakarta, 13-16 September 2017.

Camat Deleng Pokhisen, Ahmad Yani, mengemukakan kegiatan ini penting guna meningkatkan wawasan para kepala desa mengenai pengelolaan desa yang baik.

“Dengan bimbingan teknis ini diharapkan para kepala desa memiliki pengetahuan dan pengalaman sehingga mampu mengelola desa dengan baik, “ujarnya, Kamis (14/09/2017).

Amin Ramud dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara menambahkan, saat ini banyak persoalan dialami para kepala desa kaitannya dengan pengelolaan Dana Desa. Kepala Desa perlu memiliki pengetahuan seputar pengelolaan dana desa.

“Para kepala desa belum sepenuhnya mampu mengelola dana desa dengan baik, merasa takut mengeluarkan anggaran karena banyaknya kasus hukum menjerat para pimpinan kepala daerah,” paparnya.

Bimbingan teknis kali ini diharapkan mampu memberikan penguatan bagi kepala desa dalam menggunakan anggaran.

Sedangkan Rikie Sapta dari Kemendagri mengemukakan bimbingan teknis sangat penting bagi para kepala desa sehingga mereka memaham regulasi dan aturan serta undang-undang terkait dengan dana desa.

“Desa itu subyek bukan obyek, sesuai dengan konsep pembangunan berbasiskan pemberdayaan masyarakat dan untuk kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Riki juga membeberkan sejumlah kasus yang melibatkan beberapa pemimpin daerah. Dengan membangun sistem pemberdayaan, maka sistem itu pula yang nantinya menjadi alat bekerja para kepala desa. (dwi)