KAI Bagikan Kopi Gratis Ribuan Gelas

339
Dirut PT KAI Edi Sukmoro menghadiri kegiatan Ngopi Bareng KAI di Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (30/01/2018).

KORANBERNAS.ID —  Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, tampak antusias mengangkat cup (gelas) kopi tatkala menghadiri acara Ngopi Bareng KAI di halaman Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (30/01/2018) sore.

Bersama jajarannya dia menikmati kopi yang disajikan oleh  para barista profesional. Ini merupakan bagian dari upaya PT KAI untuk mengangkat para pengusaha yang bergerak di bidang pertanian sekaligus sebagai sarana promosi bagi pengusaha kecil.

Dipilih stasiun karena kereta api merupakan satu-satunya moda transportasi yang dalam waktu setahun mengangkut 376 juta manusia. “Stasiun dapat menjadi tempat berkumpul dan membangun bisnis dalam negeri,” ungkap Edi.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan salah bentuk dukungan KAI terhadap para petani kopi Indonesia sekaligus mempromosikan bahwa Indonesia kaya dan memiliki berbagai varietas kopi dari masing-masing daerah.

Baca Juga :  Tak Ada Akar Bakau, Rasamala pun Jadi
Barista meracik kopi gratis untuk penumpang KA.

Selain Stasiun Tugu Yogyakarta, acara yang berlangsung dua hari hingga Rabu (31/01/2018) itu digelar pula di 13 stasiun yaitu Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang Trawang, Purwokerto, Solobalapan, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang dan Jember, Sebanyak 16 ribu cup kopi gratis dapat dinikmati masyarakat di 13 stasiun tersebut.

Adapun caranya, masyarakat hanya diminta menunjukkan aplikasi KAI Acces generasi terbaru yang sudah diinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas atau panitia di Festival Ngopi Bareng KAI di stasiun.

Dalam kegiatan bertema Enjoy Your Journey with Indonesian Coffe kali ini, PT KAI mengikutsertakan 200 orang barista lokal memperkenalkan kopi asli Indonesia. “Kami juga memberikan kesempatan kepada pegiat kopi Nusantara menjual produk mereka kepada masyarakat,” kata dia.

Baca Juga :  Kala Angela July Lantunkan Melati Suci

Public Relation PT KAI, Agus Komarudin didampingi Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, menambahkan produk yang dijual berupa green bean, roast bean, kopi bubuk serta cold brew. Produk kopi Nusantara terbukti tak kalah nikmatnya dengan kopi-kopi impor.

Menurut Edi Sukmoro, PT KAI merasa perlu dan peduli memperkenalkan dan meningkatkan daya saing produk kopi asli Indonesia kepada masyarakat.

Oleh karena itu PT KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi dan PT Reska Multi Usaha, anak perusahaan PT KAI, menggelar kegiatan pembagian kopi gratis tersebut kepada penumpang KA maupun masyarakat di sekitar stasiun. (sol)