Kajati DIY Ajak Para Jaksa Renungi Tugasnya

432
Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Sri Harijati P SH MM menyampaikan keterangan pers usai acara pelantikan di Kantor Kejati DIY, Selasa (13/03/2018). (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DIY, Sri Harijati P SH MM, mengajak para jaksa beserta jajarannya untuk merenungi tugas-tugasnya selama ini.

Adanya ulah oknum pegawai kejaksaan yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jangan sampai terjadi lagi.

“Ini bahan renungan kita untuk selalu mawas diri menjaga amanah agar tidak mencoreng citra kejaksaan,” ujarnya, Selasa (13/03/2018) di Kantor Kejati DIY, pada Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Serta Pisah Sambut Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi DIY, Kepala Kejaksaan Negeri Sleman, Kepala Kejaksaan Negeri Gunungkidul dan Koordinator pada Kejaksaan Tinggi DIY.

Menurut dia, penegakan hukum harus dilaksanakan secara profesional disertai ketulusan dan kebersihan hati, jangan terpengaruh oleh latar belakang kepentingan. Konsolidasi dan perbaikan diri perlu dilakukan supaya bersih dari noda.

Baca Juga :  Warga Usung Ingkung Raksasa Keliling Desa

Tak lupa Sri Harijati juga berpesan agar bersikap hati-hati dalam berbuat dan berperilaku. “Posisikan diri sebagai panutan. Pegang teguh sumpah dan janji,” tandasnya.

Pemulihan citra kejaksaan yang sudah diupayakan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) wajib memperoleh dukungan dari daerah. Ini penting dalam rangka menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap institusi tersebut.

Melalui Surat Keputusan yang diteken Jaksa Agung Muda Pembinaan Dr Bambang Waluyo SH MH itu, Jefferdian SH MH dilantik menjadi Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DIY.

Sedangkan Drs Bambang Irawan SH menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sleman. Sebelumnya dia menjabat Kepala Direktorat Pra Penuntutan Direktorat Tindak Pidana Terorisme dan Zat Adiktif Lainnya Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum Kejagung RI.

Baca Juga :  Tirtoadi Jadi Desa Tangguh Bencana

Sementara Asnawi Mukti SH MH yang sebelumnya menjabat Kajari Kepulauan Marotoi dilantik menjadi Kajari Gunungkidul menggantikan M Fauzan SH MHum yang dipromosikan menjadi As Pidum Jayapura.

Dalam kesempatan itu dilantik pula Koordinator Kejaksaan Tinggi DIY Yuana Nur Hisyam SH MH. Pria yang sebelumnya menjabat Jaksa Fungsional pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejagung RI Satuan Tindak Pidana Terorisme dan Tindak Pidana Lintas Negara itu, menggantikan posisi Triyono Wahyudi SH MH yang menduduki jabatan baru sebagai Kajari Pulang Pisau. (sol)