Kala Difabel Senam di Atas Kursi Roda

389
Sejumlah difabel mengikuti senam memeriahkan Puncak Peringatan Haornas tingkat DIY, Senin (11/09/2017). Acara ini dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam X. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sambil duduk di atas kursi roda, sejumlah difabel terlihat bersemangat mengikuti gerakan-gerakan Senam Kesegaran Jasmani. Keterbatasan fisik, tak menghalangi mereka menikmati gerakan-gerakan  senam tersebut. Ini merupakan bagian dari kemeriahan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat DIY, Senin (11/09/2017), di Stadion Mandala Krida Yogyakarta.

Tak hanya kaum difabel, Wakil Gubernur DIY Paku Alam X juga turut senam bersama mereka. Mengenakan busana biru, dia didampingi Sekda DIY Gatot Saptadi, asisten Sekda maupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta PNS, TNI, Polri, anggota organisasi olahraga di DIY dan sejumlah atlet. Paku Alam juga tidak kalah bersemangat, pagi itu.

Membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo, dalam kesempatan itu Wakil Gubernur DIY Paku Alam X menyampaikan, gaya hidup sehat tidak dapat diperoleh secara otomatis tetapi harus melalui proses panjang dan sistematis, dimulai dari lingkungan terkecil keluarga sampai ke lingkungan masyarakat yang lebih besar.  Ini sejalan dengan Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. “Aktivitas olahraga harus digerakkan di desa-desa,” tuturnya.

Pada Haornas tahun ini, Kementerian Pemuda dan OIahraga (Kemenpora) menyelenggarakan event spektakuler Gowes Penona Nusantara maupun Gala Desa. Tujuannya agar muncul banyak bibit atlet dari desa. Selain itu, juga untuk menggerakkan masyarakat di desa agar aktif berolahraga. (sol)