Kala Gajah Betina Melahap Pisang Raja

267
Pemberian tumpeng buah untuk gajah koleksi GL Zoo. (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Sejumlah satwa koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo), Jumat (10/11/2017), menikmati tumpeng buah. Empat gajah betina masing-masing bernama Subaya, Saiji, Natasya dan Sinta memperoleh menu makanan buah-buahan segar.

Dengan belalainya, gajah itu mengambil pisang raja kemudian melahapnya. Juga melon, nanas, jambu, apel, anggur, salak dan anggur.

Pemberian buah-buahan itu menarik perhatian para pengunjung kebun binatang tersebut. Menu yang sama diberikan pula untuk satwa orangutan dan siamang.

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa & Satwa Nasional (HCPSN) yang jatuh tanggal 5 November.

Serangkaian acara siang itu diakhiri potong tumpeng oleh Direktur Utama (Dirut) GL Zoo KMT A Tirtodiprojo kemudian disersahkan kepada BPH Kusumo Bimantoro.

Ketua Yayasan GL Zoo, Drs H GBPH Yudhaningrat MM menyampaikan, tahun ini segera dimulai pembanguan zona cakar di kawasan GL Zoo.

“Dengan adanya zona cakar itu nantinya akan jadi daya tarik pengunjung, khususnya bagi pecinta mamalia,” kata Gusti Yudha, dalam sambutan tertulisnya dibacakan KMT A Tirtodiprojo.

Adik Sri Sultan Hamengku Buwono X ini mengakui, pembangunan fisik maupun nonfisik itu belum memenuhi harapan. Jumlah pengunjung menurun dari 1,8 juta orang pada 2015 menjadi 1,6 juta orang (2016).

Penurunan angka pengunjung 9,25 persen itu karena tumbuhnya tempat wisata baru yang menjadi daya saing, serta bertepatan dengan liburan sekolah yang bersamaan dengan bulan Ramadan lalu.

Supaya GL Zoo bisa bertahan dan terus berkembang sebagai lembaga konservasi (LK) unggulan, maka harus meningkatkan daya saing. Seluruh elemen harus bekerja keras, kreatif dan inofatif. (sol)