Kalasan Terbaik dalam Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya

789
Pementasan “Wiwit Agung Dusun Sanggrahan” mampu meraih prestasi sebagai Penyaji Terbaik Pertama dalam Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Sabtu dan Minggu 7 – 8 Oktober 2017. (istimewa)

KORANBERNAS.ID–Kecamatan Kalasan meraih prestasi sebagai Penyaji Terbaik Pertama dalam Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Sabtu dan Minggu 7 – 8 Oktober 2017 di Parkir Utara Lapangan Denggung Sleman.

“Kalasan yang menyajikan “Wiwit Agung Dusun Sanggrahan” mampu menyisihkan kontingen lain dari seluruh kecamatan se Kabupaten Sleman dengan nilai 971. Atas perolehan tersebut kontingen Kalasan berhak atas tropy dan hadiah sebesar Rp 9 juta,” kata HY Aji Wulantara SH MHum, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Senin (09/10/2017).

Sedang untuk  penyaji terbaik kedua adalah Kecamatan Depok yang menyajikan “Tedak Siten dusun Pondok” dengan nilai 964, penyaji terbaik ketiga Kecamatan Berbah yang menyajikan “Upacara Adat Tirta Sembada” dengan nilai 934.

Baca Juga :  Manunggal Fair Raih Transaksi Miliaran

Sedangkan sebagai penyaji terbaik ke empat Kecamatan Moyudan yang menyajikan “Merti Desa Sumberagung” dengan nilai 931, penyaji terbaik kelima Kecamatan Ngemplak yang menyajikan “Merti Sumber Blue Lagoon” dengan nilai 906, dan penyaji terbaik keenam Kecamatan Prambanan yang menyajikan “Nyadran Margo Lestari” dengan nilai 902.

Menurut Aji secara berturut-turut masing-masing memperoleh tropy dan hadian sebesar Rp 8 juta, Rp 7 juta, Rp 6,5 juta, dan Rp 5 juta.

Dewan juri Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya terdiri dari Drs Purwatmadi, Dr Djoko Dwiyanto MHum, dan Sancaka SPd.

Aspek penilaian meliputi kreatifitas, simbol upacara adat/ tradisi budaya, harmoni, dan kirab. (SM)