“Kami Tak Ambil Alih Proyek Pemerintah”

226
Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah dan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi membuka TMMD di Lapangan Pathuk. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung kembali bergulir. Kelurahan Ngampilan dan Notoprajan Kecamatan Ngampilan menjadi sasaran program rutin yang masuk tahap III tahun 2017.

Dandim 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah mengungkapkan, TMMD digelar bukan untuk mengambil alih proyek pemerintah melainkan membantu pemerintah mempercepat program yang akan dilaksanakan, sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat.

“Kami tidak mengambil alih proyek pemerintah. Sekali lagi, ini bukan proyek. Justru kami ingin mempercepat program pemerintah,” ucap Letkol Rudi usai pembukaan TMMD di Lapangan Pathuk, Rabu (27/09/2-17) pagi.

Dandim menjelaskan, ada beberapa pekerjaan yang akan digarap selama TMMD Sengkuyung Tahap III berlangsung, meliputi kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan fisik berupa pembuatan talud permanen di pinggir Sungai Winongo sepanjang 32 meter.

Baca Juga :  500 Burger Ayam Rasa Indonesia Ini Dibagikan Gratis

Kemudian, rehab balai RK sebanyak 1 unit, rehab rumah warga kurang mampu 5 unit serta pembuatan MCK sebanyak 1 unit. “Sasaran TMMD Sengkuyung berdasarkan masukan dari atas, kemudian kita usulkan ke Pemerintah Kota Yogyakarta,” terangnya.

Selain kegiatan fisik, melalui TMMD Sengkuyung juga digarap kegiatan nonfisik. Antara lain, sosilisasi penyakit masyarakat dan pencegahan penyalahgunaan narkoba dari Polresta Yogyakarta.

Sedangkan sosialisasi menangkal fanatisme agama yang sempit serta masuknya pengaruh terorisme dan timbulnya paham ajaran sesat yang dapat menyesatkan masyarakat, akan diberikan oleh Kantor Kemenag Kota Yogyakarta.

Berikutnya, sosialisasi bela negara dan cinta tanah air dari Kodim 0734/Yogyakarta, serta sosialisasi dan penyuluhan tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta.

Baca Juga :  Pesan Bupati, Jangan Remehkan Lawan Tanding

TMMD Sengkuyung Tahap III berlangsung 30 hari mulai 27 September sampai 26 Oktober 2017. Setiap hari, sebanyak 104 personel ambil bagian. Terdiri dari 1 SST Kodim 0734/Yogya, 2 Regu Yonif 403/WP, Kikavser 2/JRTR, TNI AU, dan TNI Al masing-masing 1 regu, 1 tim tukang serta tenaga kesehatan 2 orang. (sol)