Kampung KB Sejahterakan Masyarakat

41
Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menandatangani prasasti Kampung KB, Sabtu (29/09/2018), di Kampung KB Dusun Sengir Prambanan. (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menghadiri Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan, Sabtu (29/09/2018), di Kampung KB Dusun Sengir Sumberharjo Prambanan.

Hadir pula pada kesempatan tersebut Tim Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan tingkat DIY, yang diketuai Dra Joehananti Chriswandari.

Sri Purnomo berharap adanya bantuan dan dukungan dari TNI menjadikan program KB dan kesehatan di Kabupaten Sleman dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien.

Terlebih saat ini program KB tidak hanya sebatas pada pembatasan jumlah kelahiran, namun juga mencakup upaya peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana menjaga keharmonisan hubungan dan komunikasi antara TNI, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Baca Juga :  Jelantah Itu Berharga Puluhan Juta Rupiah

Kesadaran masyarakat Sleman terhadap program KB dari hari ke hari semakin tinggi. Bahkan KB mulai menjadi kegiatan mandiri bagi sebagian masyarakat.

Dia menjelaskan prevalensi peserta KB aktif di tahun 2017 mencapai 80,06 persen pasangan usia subur.

Ke depan dia berharap kaum pria bersedia menjadi peserta KB aktif sebagai solusi kendala yang dialami kaum wanita yang tidak bisa menggunakan KB karena alasan kesehatan.

Joehananti menuturkan program Kampung KB dimulai sejak tahun 2016 sesuai arahan Presiden RI.

Joehananti mengatakan keberhasilan program tersebut perlu ada kerja sama dari semua pihak sehingga Kampung KB ini dapat direalisasikan di seluruh wilayah.

“Harapannya dengan adanya Kampung KB ini kesejahteraan masyarakat lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Empat Daerah Berbagi Emas Karate O2SN

Pada kesempatan itu diresmikan 17 Kampung KB baru se-Kabupaten Sleman dengan penandatanganan prasasti Kampung KB oleh Bupati Sleman.

Dilakukan pula penandatanganan Komitmen Bersama masyarakat Dusun Sengir untuk mendukung dan menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Acara diakhiri penilaian oleh tim Monitoring dan Evaluasi Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan di Kampung KB binaan Komando Rayon Militer (Koramil) Prambanan. (sol)