Kampung Wisata Diharapkan Makin Kreatif

273
Kepala Dinas Pariwisata DIY memaparkan pandangan dalam Pelatihan Kampung Wisata, Rabu (22/11/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Pariwisata merupakan bagian unggulan bagi pemerintah DIY yang diharapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah sehingga nantinya berujung pada kesejahteraan. Dan saat ini pemerintah DIY tengah menggenjot berbagai hal yang berkaitan dengan kepariwisataan.

Demikian diungkap Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta dalam acara Pelatihan Produk Kampung Wisata yang berlangsung, Rabu (22/11/2017) di Hotel Gowongan Inn.

“Sektor pariwisata saat ini mampu menyumbang 365 miliar rupiah bagi Pendapatan Asli Daerah dan jumlah ini terus ditingkatkan seiring dengan berkembangnya dunia kepariwisataan di DIY,”ujarnya.

Ditambahkan Aris bahwa dunia pariwisata memiliki banyak peluang untuk pengembangan usaha sehingga optimalisasi pendapatan dapat dilakukan melalui usaha yang kreatif.

“Salah satunya ialah dengan berbagai produk yang dihasilkan oleh berbagai kampung wisata yang ada saat ini. Diharapkan produk kampung wisata dapat menjadi salah satu bagian dalam dunia kepariwisataan yang mampu meningkatkan pendapatan serta juga mampu meninggalkan kesan yang menarik bagi para wisatawan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Sigit Istiarto selaku Ketua Forum Pokdarwis Jogja mengemukakan bahwa Yogyakarta sebagai daerah kunjungan wisata memiliki berbagai kampung wisata yang memiliki pula berbagai keunikan.

Untuk itulah kegiatan pelatihan ini dilakukan agar para pelaku pariwisata di kampung wisata yang notabene adalah masyarakat dapat meningkat kualitasnya serta ketrampilan dalam bidang kepariwisataan dan siap menerima kunjungan tamu.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 85 peserta yang merupakan pelaku aktif di dunia kepariwisataan terutama di kampung wisata. (SM)