Kampung Wisata Harus Dapat Membuat Wisatawan Terkesan

139
Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta memberikan materi dalam acara pelatihan layanan kampung wisata, Selasa (5/12/2017). (istimewa)

 

ORANBERNAS.ID–Kampung wisata yang saat ini sedang digiatkan oleh pemerintah sebagai bagian dalam destinasi wisata, harus mampu menyesuaikan dengan perkembangan dunia kepariwisataan. Oleh karena itu pemerintah DIY melalui Dinas Pariwisata DIY melakukan pelatihan Manajemen Layanan Kampung Wisata yang berlangsung Selasa, (5/12/2017).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengemukakan bahwa pelatihan dalam dunia kepariwisataan harus dilakukan secara terus menerus, mengingat semakin cepatnya perkembangan dunia dan teknologi.

“Kampung wisata sebagai salah satu ujung tombak dunia kepariwisataan di Yogyakarta harus mampu memberikan layanan yang prima terhadap wisatawan yang berkunjung. Sehingga wisatawan akan merasa terkesan berada di kampung wisata,” ujarnya.

Aris juga menambahkan bahwa Yogyakarta memiliki potensi wisata yang kaya yang ada di kampung kampung. Hal inilah yang harus diangkat sehingga mampu menambah daya tarik Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata.

Baca Juga :  Lebih Sepuluh Jam Lalu Lintas Berhenti Tiap Hari

“Pelaku wisata yang ada di kampung wisata harus memiliki ketrampilan dan pengetahuan tentang kepariwisataan yang komprehensif sehingga kampung wisata mampu menunjukan layanan wisata yang berkualitas,” katanya.

Pelatihan pelayanan kampung wisata diikuti oleh 85 peserta yang merupakan pegiat kepariwisataan dari 17 kampung wisata yang ada di wilayah kota Jogja.

Dalam kesempatan yang sama Suherman salah seorang wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta mengemukakan, saat ini Yogyakarta telah mengembangkan berbagai obyek tujuan wisata salah satunya ialah kampung Wisata.

“Keberadaan kampung-kampung dengan berbagai potensi seperti kesenian kerajinan dan kulinernya membuat para wisatawan menjadi terkesan. Terlebih lagi jika ditunjang dengan pelayanan yang baik dan prima pasti kampung wisata akan menjadi tujuan para wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” ungkap wisatawan asal Lombok ini. (SM)

Baca Juga :  Puluhan Ibu Hamil Diperiksa Kesehatannya