Kampus Harus Bisa Meracik Kebenaran

127
Rektor USD, Johanes Eka Priyatma PhD menyampaikan paparannya dalam Seminar Ilmiah Dosen 'Tantangan Peradaban dan Peran Universitas' di kampus 3 USD, Kamis (14/12/2017).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kampus sebagai lembaga pendidikan harus mampu berperan dalam meracik kebenaran. Hal itu penting dalam rangka meningkatkan martabat kemanusiaan.

“Merupakan usaha bersama guna meningkatkan wawasan dan meracik kesadaran agar kampus mampu sebisa mungkin memilih tantangan yang paling relevan untuk ditanggapi,” ujar Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Johanes Eka Priyatma PhD dalam Seminar Ilmiah Dosen ‘Tantangan Peradaban dan Peran Universitas’ di kampus 3 USD, Kamis (14/12/2017).

Menurut Rektor, kampus turut serta dalam bekerja untuk Indonesia. Diantaranya menghidupi kegiatan tri dharma kampus.

Seba pada dasarnya, kesibukan keseharian kampus juga terhubung dengan tantangan tersebut. Dengan demikian punya hubungan dengan misi mengingkatkan martabat kemanusiaan.

Baca Juga :  Wahana Jejak Nutrisi Hadir di Taman Pintar

“Karenanya memaknai usia yang ke enampuluh dua, USD terus mempertahankan komitmennya dalam upaya meningkatkan martabat kemanusiaan,” tandasnya.

Sementara Dosen Pascasarjana USD Paulus Sarwoto MA PhD mengungkapkan, USD harus terlibat dalam siklus pengembangan karir dan keilmuan. Tidak hanya rencana kinerja, namun juga dalam bentuk dukungan, evaluasi dan promosi.

“Kampus ikut berperan membangkitkan pemikiran rasional sehingga membant pengembagan karir dan keilmuan,” tandasnya.(yve)