Kampus Strategis Tularkan Bela Negara

127
Peringatan Dies Natalis UPN 'Veteran' Yogyakarta, Jumat (15/12/2017). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kampus menjadi tempat yang strategis untuk menularkan sikap bela negara. Di kampus, generasi muda bisa banyak belajar tentang jiwa patriotisme dan cinta tanah air serta disiplin nasional.

Sikap bela negara tersebut sangat penting dimiliki warga negara, termasuk generasi muda. Sebab merupakan bagian dari supremasi nasionalisme tiap warga negara.

“Bela negara menjadi tema besar untuk kita sosialisasikan dan internalisasikan pada generasi muda,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Muhajir Effendy di UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Jumat (15/12/2017).

Menurut Mendikbud, sosialiasi bela negara bisa dilakukan dalam berbagai cara. Setiap negara mempunyai program dan cara tersendiri dalam menerapkan program tersebut.

“Sikap bela negara diperlukan demi kepentingan bangsa dan negara karena pada dasarnya semua warga negara wajib membela negaranya dan harus jadi komitmen kita juga sebagai warga negara Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga :  Seperti Ini Kondisi Jalan Cokro-Daleman yang Rusak

Sementara Rektor UPN ‘Veteran’ Yogyakarta, Prof Dr Ir Sari Bahagiarti MSc mengungkapkan, pembangunan pendidikan secara menyeluruh wajib dikelola secara optimal. Kampus tersebut terus berupaya memberikan layanan pendidikan demi kemajuan bangsa.

“UPNVY diharapkan dapat menjadi kampus bela negara penegak empat pilar kebangsaan. Kami juga akan terus meneguhkan diri sebagai kampus hijau lestari’ sebagau bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup,” paparnya.(yve)