Kang Uu Wejang Siswa SMA, Jangan Salah Pilih Jurusan

48
Uu Ruzhanul Ulum membuka Campus Expo sekaligus meresmikan Masjid Nurul Ilmi di SMA Negeri 26 Bandung, Jl. Sukaluyu No. 26 Cipadung Kota Bandung, Rabu (12/2/20). (Humas Pemprov Jabar)

KORANBERNAS.ID, BANDUNG —Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum membuka Campus Expo sekaligus meresmikan Masjid Nurul Ilmi di SMA Negeri 26 Bandung, Jl. Sukaluyu  No 26 Cipadung Kota Bandung, Rabu (12/2/20).

Dalam sambutannya, Kang Uu menyampaikan beberapa pesan kepada siswa, mengenai pendidikan yang merupakan sebuah fondasi penting tidak hanya untuk duniawi, namun akhirat. Untuk itu, menurut dia, sedikitnya ada empat hal yang harus diterapkan guna menjadi generasi muda yang berkualitas.

“Pertama harus memiliki kemampuan non akademis. Yang kedua kita harus mampu meningkatkan wawasan. Kemudian  harus mampu menguasai teknologi digital serta harus menguatkan iman dan takwa yang mencirikan moral yang baik,” papar Kang Uu.

Wagub memberi tips kepada siswa yang akan meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, agar tidak salah memilih jurusan. Jurusan harus dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing.

Menurutnya, pemilihan jurusan menjadi penting, utamanya agar jangan terpengaruh oleh pilihan teman-temannya.

“Saya titip. Sebentar lagi adik-adik yang keluar dari sekolah ini untuk memilih jurusan di perguruan tinggi ini penting. Jangan terbawa pengaruh dari teman, jangan menerima informasi yang belum dipastikan kebenarannya. Dari sekarang, yakinkan diri kita ke depan ingin menjadi apa,”pesan Kang Uu.

“Tolong pikirkan dari sekarang, ambil jurusan, fakultas dan cari universitas yang sesuai dengan harapan dan keinginan, supaya bisa belajar tenang sesuai dengan minat dan akhirnya sukses dalam meraih pendidikan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dewi Sartika juga mengimbau, agar melalui ekspo ini para siswa akan dapat mengenal lebih jauh fakultas dan jurusan-jurusan di perguruan tinggi sebelum menentukan pilihannya.

Ikeu beranggapan, memilih jurusan kuliah yang tepat merupakan pintu pertama kesuksesan. Untuk itu, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.

“Ekspo ini memfasilitasi siswa dalam lebih banyak mengenal dan mengeksplorasi, setelah lulus nanti kita akan meneruskan kemana,” katanya.

“Jadi pemilihan jurusan ini pun juga penting. Menjadi pintu pertama kesuksesan. Keluar dari SMA ini adalah memilih jurusan yang memang sesuai dengan bakat, keinginan dan tentu saja cita-cita anak-anak semua,” sambungnya.

Campus Expo ini diikuti tidak kurang dari 20 universitas dan perguruan tinggi baik negeri dan swasta serta lembaga bimbingan belajar di Bandung Raya, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Bandung, Institut Teknologi Nasional, serta bimbel Ganesha Operation.(*)