Kapolresta Kendarai Ninebot Cek Pengamanan Obyek Wisata

249
Kapolresta Yogyakarta Kombes (Pol) Tommy Wibisono mengendarai ninebot saat melakukan pengecekan keamanan di obyek wisata, Selasa (26/12/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID – Kapolresta Yogyakarta Kombes (Pol) Tommy Wibisono melakukan pengecekan di tempat-tempat keramaian serta obyek wisata di wilayahnya. Salah satunya di Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta.

Melalui inspeksi mendadak dalam rangka pengamanan Tahun  Baru 2018, Kapolres menegaskan petugas harus berada di tengah-tengah masyarakat.

“Saat libur panjang seperti sekarang, Gembira Loka kan selalu ramai dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar kota Yogyakarta. Karena itu, kami ada di tengah-tengah para pengunjung untuk memberikan rasa aman,” kata Kombes Tommy tatkala memimpin sidak di GL Zoo, Selasa (26/12/2017).

Kapolresta kemudian berkeliling di kawasan kebun binatang tersebut dengan mengendarai ninebot atau segway/wheels, semacam self balancing elektric scooter beroda dua.

Dia bersama anggotanya sempat menumpang mobil golf elektrik yang disediakan bagi tamu khusus, tapi ia tampak merasa nyaman menjajal naik ninebot yang sudah dikuasainya.

Tommy selain melihat suasana keramaian pengunjung, juga memeriksa kesiapan  pengamanan anggotanya, baik yang berjaga di dalam area obyek wisata itu maupun yang mengatur arus lalu lintas di jalan seputar kebun binatang.

“Kalau lihat ada polisi di mana-mana seperti ini, pengunjung kan jadi tenang. Kalau masyarakat butuh bantuan polisi, kami siap bantu,” kata dia.

Dalam rangka Operasi Lilin Progo 2017 Kapolresta Tommy sempat  mengamati pengamanan di kawasan Titik Nol Yogyakarta. “Kita pastikan polisi ada di tengah-tengah masyarakat, supaya polisi ada di hati masyarakat,” tandasnya.

Soal kekuatan yang diturunkan dalam pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2108, Polresta Yogyakarta menyiagakan seluruh personel dan jajarannya.

“Kita terjunkan full, di-backup Polda DIY kalau kami butuh bantuan. Jadi, polisi tidak akan kekurangan personel,” tambahnya.

Melihat perkembangan GL  Zoo dari tahun ke tahun meningkat luar biasa, dia berpesan pengamanan pengunjung maupun satwa diutamakan.

“Jangan sampai pengunjung cedera oleh satwa. Demikian pula hendaknya satwanya dipelihara dengan baik karena hewan juga ciptaan Tuhan,” kata dia. (sol)