Karnaval Kulonprogo Ini Gelorakan Semangat Kebangsaan

491
Karnaval Pembangunan di Kulonprogo, Sabtu (26/8/2017). (sri widodo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Kabupaten Kulonprogo menggelar Karnaval Pembangunan, Sabtu (26/8/2017). Bertema ‘Karnaval Budaya Semarak Merdeka’, acara kali ini dihadiri Wagub Paku Alam serta GKR Mangkubumi yang mendampingi Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo bersama Forkompinda Kulonprogo.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan karnaval tersebut. Sepanjang rute yang dilewai penuh dengan penonton meski matahari menyengat.

Banyaknya penonton mengakibatkan kemacaetan lalulintas dalam kota. Polisi yang mengubah rute jalanan di kota disibukkan mengurai kemacetan yang terjadi. Karnaval yang dilepas sekitar pukul 09.30 tersebut baru selesai pukul 17.00.

Karnaval diikuti oleh 52 peserta, terdiri dari group drumband, instansi pemerintah BUMN BUMD sekolah hingga kelompok masyarakat umum dari kecamatan dan desa desa. Tidak seperti tahun sebelumnya, pelepasan dilakukan panitia dari lapangan Pengasih, lewat Serut Dayakan menuju UNY. Kemudian ke barat menuju Alun alun Wates. Di sisi utara alun alun ini, peserta melakukan display memperagakan action mereka sesuai dengan tema yang dibawakan hingga ke Gedung Kesenian.

Baca Juga :  Warga Tinggalkan Desanya dengan Berlinang Air Mata

Banyak ragam tema yang tampil. Namun sebagian besar menyerukan semangat kebangsaan dan pembangunan. Lambang Garuda Pancasila banyak diusung dengan segala kelengkapan penjiwaannya. Kemudian arah kebijakan pembangunan khas Kulonprogo mulai dengan kegiatan bedah rumah, semangat bela-beli Kulonprogo, pembangunan pertanian hingga pendidikan berkarakter banyak dibawakan berbagai kelompok

“Kita apresiasi program Pak Bupati Hasto dengan bedah rumah makanya kami buat tema bedah rumah” ujar Rumijadi warga Kuncen Bendungan, peserta karnaval

Sama halnya dengan. Indah (37) warga Kedungpring Giripeni mengaku salut dengan pendidikan berkarakter yang telah dibuat perda. Kelompok ini membuat karnaval melukiskan pendidikan yang mengedepankan akhlaq mulia.(yve)