Kata Bupati, CSR Belum Terkoordinasi

154

KORANBERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Badingah, mengatakan selama ini corporate social responsibility (CSR) yang melibatkan seluruh perusahaan sudah banyak berperan di Gunungkidul. Hanya saja kiprahnya belum terkoordinasi dengan baik.

“Kami mengapresiasi rencana pembentukan forum CSR yang dikoordinasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Forum ini sangat penting, karena dapat membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Badingah kepada wartawan di sela-sela Sosialisasi Perbup No.122/2016 tentang Penyelenggaraan Tanggungjawab Sosial Perusahaan, Selasa (29/8/2017), di Bangsal Sewokoprojo.

Dengan adanya forum tersebut maka setiap perusahaan yang akan memberikan bantuan CSR ke Gunungkidul harus melakukan koordinasi. Ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih sehingga dapat merata di setiap wilayah.

Baca Juga :  Kala SBY Pulang Kampung

“Nantinya seluruh bantuan yang masuk akan melalui forum tersebut. Jadi nantinya jangan sampai ada bantuan yang menumpuk di suatu daerah, tapi di daerah lain mengalami kekurangan,” ujarnya.

Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanto mengatakan pembentukan Forum CSR mengacu pada Peraturan Bupati No.122/2016 tentang Penyelenggaraan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Oleh karenanya, dalam pembentukan ini melibatkan seluruh perusahaan yang ada di Gunungkidul.

Pembentukan Forum CSR akan ditindaklanjuti dengan membuat Tim Koordinasi dan Fasilitasi Pelaksanaan Tannjungjawab Sosial yang dilaksanakan oleh perusahaan. Rencananya, tim ini yang akan mengkoordinasikan dan mengarahkan setiap bantuan dari perusahaan, kemudian disalurkan ke masyarakat. “Tim juga berkewajiban melaporkan perkembangan pemberian bantuan CSR ke bupati secara berkala,” tuturnya. (st aryono)

Baca Juga :  Warga Gelar Demo Tuntut Kades Lengser