Kaum Rois Berkiprah Tanpa Pamrih

Hafidh Asrom Ingin Pemerintah Daerah Berdayakan Mereka

225
Kaum Rois mengikuti acara Sosialisasi MPR RI dan Penyerapan Aspirasi tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, di Aula Kecamatan Turi Sleman, Senin (11/06/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kaum Rois selain memiliki peran strategis melayani kebutuhan sosial dan keagamaan, juga sangat berperan menciptakan ketenteraman di tengah-tengah masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan angota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia dari DIY, Drs H Abdul Hafidh Asrom MM, pada acara Sosialisasi MPR RI dan Penyerapan Aspirasi tentang Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI bersama Paguyuban Kaum Rois se-Kecamatan Turi di Aula Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, Senin (11/06/2018).

“Keberadaan kaum Rois yang berkiprah tanpa pamrih di tengah masyarakat harus terus dijaga dan diberdayakan dengan baik oleh pemerintah. Kenyataannya selama ini kaum rois kurang ada yang mengurusi, padahal perannya luar biasa besar,” kata senator tiga periode ini.

Selain Hafidh Asrom, hadir sebagai pembicara Dr Heri Santosa MA (Direktur Pusat Studi Pancasila UGM) serta Camat Turi Drs Haris Sunaryo.

Di Hadapan ratusan kaum Rois, Hafidh Asrom  memuji jerih payah pengabdian kaum Rois, yang telah secara konsisten menjaga kerukunan dan keharmonisan umat beragama di tengah masyarakat yang majemuk.

“Dalam konteks kebangsaan, kaum Rois secara langsung mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, tanpa harus teriak-teriak Pancasilais, karena mereka menjaga tradisi budaya, ketenteraman masyarakat yang mejemuk sehingga pantas kau Rois diperjuangkan untuk menjadi abdi budaya masyarakat dalam keistimewaan DIY,’’ jelasnya.

Drs H Abdul Hafidh Asrom MM menyampaikan paparan di hadapan kaum rois. (istimewa)

Menurutnya, kiprah yang baik tersebut harus diimbangi kebijakan yang baik juga oleh pemerintah, khususnya pemerintah daerah dengan memberdayakannya secara sosial maupun ekonomi.

“Kaum Rois memiliki peran strategis dalam melayani kebutuhan sosial masyarakat, dari lahirnya manusia di bumi hingga  melayani pengurusan orang meninggal dunia,” kata Hafidh Asrom, anggota Komite I DPD RI tersebut.

Camat Turi Abdul Haris Sunaryo mengajak kaum rois untuk selalu memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang dari berbagai agama dan karakter.

“Teruslah menjalankan layanan keagamaan agar kerukunan dan keharmonisan masyarakat di Sleman khususnya di Kecamatan Turi dapat terjaga dengan baik,’’ pinta Haris.

Sedangkan Heri Santoso mengatakan keberadaan kaum Rois mampu  mendorong terciptanya masyarakat yang damai dan selalu menjaga iklim sejuk di masyarakat.

“Kaum Rois merupakan aktor srategis dalam mengamalkan nilai-nilai kebangsaan di ligkungan masyarakat melalui kegiatan yang dilakukan,’’ jelas Direktur Pusat Studi Pancasila UGM ini. (sol)