Para kreator Youtube disela YouTube FanFest Showcase. (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Dunia digital sudah menjadi ladang rejeki bagi banyak orang. Penghasilan yang besar pun bisa didapat dengan menekuni media sosial seperti Youtube.

Sebut saja duo Da Lopez, Andovi dan Jovial lewat nama SkinnyIndonesian24 di Youtube yang menjadi jutawan berkat menjadi kreator di Youtube. Kakak beradik yang saat ini merambah jadi bintang film tersebut memiliki lebih dari 1 juta pengikut.

“Ya kalau dihitung gaji, kami bisa mendapatkan lebih dari gaji S1 (sarjana-red),” ujar Andovi disela YouTube FanFest Showcase yang digelar tiga hari, Jumat – Minggu (22-24 September 2017) di Hartono Mall.

Pendapatan yang lumayan besar itu membuat mereka berdua bisa berbagi kepada sesama. Saat link youtube mereka mencapai 1 juta subscriber, keduanya memberikan beasiswa bagi sejumlah lulusan SMA untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

“Kami menseleksi puluhan orang untuk dapat beasiswa yang kami biayai sampai lulus kuliah di perguruan tinggi negeri. Ini bentuk penghargaan kami akan pentingnya dunia pendidikan bagi generasi muda,” ungkapnya.

Sementara Bayu Skak, salah satu kreator yang bakal hadir di YouTube FanFest Showcase mengatakan, menjadi kreator YouTube membutuhkan kreativitas. Mereka harus bisa menyuguhkan sesuatu yang unik atau berbeda.

Bila karya tersebut dilirik banyak penonton YouTube maka akan banyak brand melirik untuk meng-endorse iklan. Dari situ para kreator mendapatkan penghasilan, termasuk kesempatan untuk mengembangkan potensi lain.

“Namun itu tidak dapat dicapai secara instan, perlu konsistensi dalam berkarya, karena tidak semua karya kita bisa diterima,” tandasnya.

Head of Consumer Marketing, Google Indonesia Fibriyani Elastria mengungkapkan lima nama besar Youtube kreator dan juga para kreator lokal menghibur serta bertemu langsung dengan para penggemarnya di Yogyakarta dalam YouTube FanFest Showcase.

Tak hanya itu, kegiatan kali iniangkaian ini juga dihadirkan untuk memberikan kesempatan bagi kreator lokal dari luar Jakarta untuk mendapat pengalaman serupa dengan kreator di Jakarta, yakni menunjukkan talenta di atas panggung dan kesempatan berkolaborasi dengan top kreator.

Selain SkinnyIndonesian 24, Bayu Skak, hadir pula Hanin Dhiya, serta kreator daerah seperti Jogja YouTubers Network, KIFLYF TV, NDRUW NEVEREND, deedee ka, dan Alif Rizky. Mereka berbagi panggung dan meramaikan rangkaian YouTube FanFest Showcase dengan penuh kejutan bagi penggemarnya.

“Festival ini sudah tidak hanya tentang kreator yang ada di Jakarta. Menjamurnya talenta dari kota-kota di luar Jakarta yang aktif berkreasi dan meraih sukses di YouTube semakin banyak. Untuk itu, kami mulai membawa rangkaian YouTube FanFest ke Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung,” paparnya.(yve)