Kecamatan Tempel Kirab “Bedhol Praja”

314

KORANBERNAS.ID — Kecamatan Tempel mengadakan Kirab Bedhol Praja, Jumat (29/09/2017) sore. Kegiatan tersebut dalam rangka kepindahan Kecamatan Tempel menempati kantor baru di sebelah timur Kapanewon dan Kantor KUA Kecamatan Tempel.

Sembilan bregada dari delapan desa serta satu dari pegawai kecamatan memeriahkan acara tersebut. Pemberangkatan bregada dilakukan dari lima titik.

Bregada Kecamatan dari kantor kecamatan lama, Bregada Desa Banyurejo dan Tambakrejo dari subterminal agrobisnis, Bregada Desa Pondokrejo dan Sumberejo dari lapangan Lumbungrejo,  Bregada Mororejo dan Margorejo dari pertigaan Molodono, dan terakhir Bregada Merdikorejo dan Lumbungrejo diberangkatkan dari halaman BPR Dusun Tempel.

Wildan Solichin SIP MT,  mantan Camat Tempel sebelum digantikan Drs Yakti Yudanto yang saat ini menjabat Camat Sleman menjelaskan, masing-masing bregada membawa Tirta Panguripan berupa sebuah kendi berisi air. Kendi yang dibawa oleh kepala desa itu diterimanya kemudian dituangkan menjadi satu di sebuah tempayan.

Baca Juga :  Wabup Kukuhkan FKUB Sleman

Air tersebut selanjutnya diaduk dan diberikan lagi ke masing-masing kepala desa dan Camat Tempel. Khusus air untuk camat dibawa ke depan kantor kecamatan baru. Kendi dipecah bersama Bupati Sleman, Ketua DPRD Sleman, Kapolres Sleman serta Dandim 0732/Sleman yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Tirta Panguripan ini merupakan perlambang kebersamaan seluruh desa yang ada di Kecamatan Tempel,” jelas Wildan.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSi menyampaikan pembangunan gedung baru kantor Kecamatan Tempel merupakan bukti keseriusan Pemkab Sleman meningkatkan pelayanan masyarakat.

Dengan gedung baru tersebut diharapkan dapat memudahkan dan meningkatkan kenyamanan masyarakat ketika mengurus persyaratan administrasi.

“Pelayanan yang baik akan tercipta jika para pegawai kecamatan membudidayakan peningkatan kinerja,” kata dia.

Baca Juga :  Ada ”Biksu Shaolin” Bagikan Angpao

Salah satu indikator pelayanan itu baik di antaranya tidak ada keluhan dari masyarakat setelah mereka melakukan pengurusan atau permohonan administrasi.

Peresmian Kantor Kecamatan Tempel ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati Sleman yang juga menandatangani prasasti peresmian Kantor Badan Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Tempel dan Kalasan.

Acara Bedhol Praja Kecamatan Tempel ditutup festival kesenian  menampilkan 16 grup kesenian seperti jatilan, badui, angklung, hadroh, dan rodat dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Tempel, dilanjutkan kirab mengelilingi jalan di seputar gedung Kantor Kecamatan Tempel yang baru. (sol)