Kegiatan Sosial dan Budaya Warnai Peringatan Hari Jadi

231

KORANBERNAS.ID–Pemerintah Kabupaten Sleman telah menyiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi Sleman ke-102 pada 15 Mei mendatang.

“Sebenarnya kegiatan sudah dimulai sejak  pertengahan April 2018 lalu dan akan berakhir  16 Mei 2018. Ada yang bersifat internal ASN Kabupaten Sleman namun ada juga yang bersifat umum,”kata Sumadi, Sekda Sleman yang juga sebagai Penanggungjawab Hari Jadi Sleman ke-102, Kamis (03/05/2018).

Dijelaskan Sumadi, untuk kegiatan internal, diantaranya mengadakan silaturahmi dengan Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya. Temu Purna Bhakti Praja pada Kamis 3 Mei 2018, serta ziarah ke makam Bupati pertama Sleman, KRT Pringgodiningrat sampai dengan Bupati KRT Prodjosutoyo (periode 1974-1985).

Sedang kegiatan untuk umum, cukup banyak. Baik yang bersifat keolahragaan, kegiatan sosial maupun budaya.

Kegiatan yang telah dilakukan antara lain Kejuaraan Taekwondo, Kejuaraan Gate Ball, Senam Massal dan Pemeriksaan Tulang Gratis, serta Khitanan Massal.

Baca Juga :  Hewan Kurban Dijamin Aman dan Sehat

Sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan berkaitan dengan keolahragaan antara lain Lomba Lari Sembada, Pekan Olahraga Kabupaten, Open Golf Turnament, Lomba Vlog Potensi Sleman, Lomba Kuda kepang.

“Kita juga banyak melakukan kegiatan sosial antara lain pembagian 102 kacamata gratis untuk siswa SD, Operasi Katarak, Bedah Warung dan Rumah Warga Miskin, Pasar Murah Sembako, Doa Lima Agama serta Gerakan Kali Bersih dan Penebaran Benih Ikan,” kata Sumadi.

Selain itu juga ada kegiatan yang berkaitan dengan budaya, antara lain Malam Tirakatan, Sidang Istimewa, Kirab Bedhol Projo, serta Wayang Kulit.

Untuk itu Sumadi mengimbau agar semua elemen bisa turut berpartisipasi dan bekerjasama.

“Agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik  tidak meninggalkan kesederhanaan, kami berharap semua pihak, baik pemerintahan maupun organisasi kemasyarakatan bisa bekerjasama. Dengan Hari Jadi Kabupaten Sleman kita wujudkan Kabupaten Sleman sebagai Smart Regency,” katanya.

Baca Juga :  Abdi Dalem Jamas Pusaka Kyai Turunsih

Sumadi menambahkan, dengan adanya peringatan Hari Ulang Tahun ke-102 masyarakat Sleman semakin maju dengan tetap mengedepankan aspek budaya.

Pada puncak Hari Jadi tanggal 15 Mei akan ada Sidang Istimewa DPRD Sleman, Kirab Bedhol Projo dan Upacara Hari Jadi Kabupaten Sleman di Lapangan Denggung.

Dalam upacara tersebut akan ditampilkan Tari Kolosal “Gempita Sembada” yang menggambarkan pesta demokrasi dengan menjunjung tinggi kebhinekaan Sleman, tanpa ada unsur saling menciderai. Persembahan seniman dan seniwatiSleman.

“Untuk lebih memberikan nuansa kedaerahan, kami telah mengeluarkan surat edaran agar  semua kecamatan dan sekolah menyelenggarakan upacara pada hari Selasa, 15 Mei 2018 pagi hari dengan nuansa Jawa, peserta mengenakan pakaian tradisional Jawa gaya Yagyakarta (Kejawen Mataraman Jangkep), dan petugas upacaramenggunakan bahasa jawa,” tutur Sumadi.

Selain itu seluruh ASN Sleman diintruksikan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan juga dalam pelayanan publik agar menggunakan Bahasa Jawa. (SM)