Keindonesiaan di Dies Natalis FIS UNY

279
Acara peringatan Dies Natalis ke-52 FIS UNY yang dilakukan di kampus setempat Jumat (15/09/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Berbagai persoalan kebangsaan yang muncul saat ini juga merupakan persoalan yang wajib dipikirkan oleh para ilmuwan atau akademisi kampus. Sehingga kampus bisa menjadi bagian solusi dari persoalan tersebut.

Demikian seperti diungkap oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Ajat Sudrajat dalam acara Dies Natalis FIS UNY yang ke 52, Jumat (15/09/2017) di kampus setempat.

“Secara umum permasalahan bangsa juga menjadi permasalahan semua pihak termasuk pihak cendekia perguruan tinggi. Oleh karena itu, pihak kampus berusaha mencari formula keilmuan yang cocok untuk bangsa ini. Salah satunya ialah diperlukan sebuah ilmu yang secara komprehensif membahas Keindonesiaan atau ilmu ilmu yang dipelajari berbasiskan Keindonesiaan. Sehingga dapat menjadi acuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul di berbagai sektor,” ujar Dekan.

Baca Juga :  UP 45 Perkuat Kerja Sama Internasional

Ajat juga menjelaskan bahwa FIS UNY sampai saat ini juga gencar mengedepankan ilmu-ilmu sosial Keindonesiaan.

“Saat ini FIS UNY secara konsisten terus mengembangkan ilmu-ilmu sosial ke Indonesiaan di berbagai sektor. Hal ini juga memberikan manfaat bagi tumbuhnya rasa nasionalisme yang kuat serta memperkuat identitas warga bangsa,” lanjutnya.

Kegiatan peringatan Dies FIS tersebut menjadi sangat unik karena para dosen dan tamu yang hadir menggunakan pakaian adat Nusantara yang berasal dari Sabang sampai Merauke.(SM)