Kejar Ketertinggalan, Sepakbola Jadi Perhatian di Haornas

356
Kemenpora siap gelar putaran Liga Sepakbola. (rosihan anwar/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan memusatkan puncak peringatan Haornas XXXIV di Magelang Jawa Tengah. Menariknya, dalam puncak peringatan ini akan digelar grand final kompetisi liga sepakbola kelompok umur.

Liga yang dipertandingkan di antaranya Liga Sepakbola Pelajar U-12, U-14, U16, Liga Sepakbola Mahasiswa dan satu lagi kompetisi sepakbola Gala Desa. Ari Mulyadi selaku Kabid Olahraga Pendidikan Menengah Asdep Olahraga Pendidikan pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora menyebutkan, ada instruksi khusus dari Presiden Jokowi agar menggalakkan sepakbola usia dini dan kelompok umur. Intinya agar Indonesia bisa mengejar ketertinggalan dari negara lain di kancah sepakbola.

“Kebetulan untuk kegiatan olahraga kita ada sepakbola berjenjang. Ini sudah tahun ketiga,” kata Ari Mulyadi, Senin (4/9/2017) malam, saat briefing persiapan penyelenggaraan rangkaian liga sepakbola kelompok umur di Sahid Hotel Yogyakarta.

Partai final nantinya akan digelar di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang dan Stadion Moch Soebroto, Mungkid Magelang. Presiden dan Menpora direncanakan akan hadir pada acara itu.

“Presiden sudah melakukan instruksi semacam percepatan sepakbola di Indonesia. Itulah kenapa kami dari Kemenpora membuat kompetisi secara berjenjang, mulai dari U-12, U-14, U-16 dan U-20,” ujar Ari.

Hasilnya sudah bisa dirasakan, meskipun masih belum maksimal. Ari menyontohkan beberapa tim yang menjadi juara di kelompok umur mampu berbicara di kejuaraan internasional yang diikuti.

“Untuk tahun lalu, misalnya ada beberapa yang masuk timnas U-19. Kemudian U-16 tahun lalu, Persib Junior juara, dan kita kirimkan ke Borneo Cup di Malaysia,” papar dia.

Putaran final sepakbola kelompok umur akan digelar di Yogyakarta dan Magelang. Beberapa stadion yang digunakan seperti Stadion Armed 3, Stadion Moch Soebroto, Stadion Pancasila UGM, Stadion Sultan Agung Bantul, Stadion Kridosono Kota Yogyakarta dan Stadion Tridadi Sleman. (yve)