Kelebihan Muatan, 15 Truk Galian C Ditilang

367
Petugas Dishub Klaten tengah menghentikan truk muatan Galian C di Jalan Raya Jogja-Solo, Rabu (6/9/2017) (masal gurusinga/koranbernas.id)

KORAN BERNAS.ID — Sejumlah 15 truk pengangkut Galian C kembali dijaring petugas gabungan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Klaten dalam sebuah razia yang digelar di Jalan Raya Jogja-Solo tepatnya di depan Kantor Dishub Klaten, Rabu (6/9/2017) siang. Truk yang dijaring tersebut selanjutnya ditilang karena melakukan pelanggaran kelebihan muatan dan tidak memiliki kelengkapan kendaraan.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Klaten Joko Suwanto mengatakan sasaran razia adalah muatan yang dibawa.

“Setiap truk kan ada batas muatan curah. Bisa diukur secara manual atas jenis muatan yang diijinkan (JBI) dan ketinggian muatan,” katanya.

Senada dikemukakan Kabid Lalulintas Dshub Sumarsono yang ditemui ditempat terpisah. Menurut dia., kegiatan tersebut rutin dilakukan agar pengemudi sadar akan tanggungjawabnya.

Baca Juga :  Inilah Cara Desa Candirejo Dorong Ekonomi Warga

Ditambahkan, untuk mengukur tonase muatan curah bisa dilakukan secara manual dengan menusuknya menggunakan besi. Selanjutnya tinggi muatan dikalikan panjang lebar truk.

Pengamatan dilapangan razia yang dimulai pukul 13:30 itu melibatkan belasan petugas gabungan dishub dan satlantas. Semua truk yang melintas dari arah Klaten menuju Solo dihentikan dan diperiksa muatan dan kelengkapannya.

Akibat razia tersebut sesaat lamanya sempat mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas Klaten-Solo. Sebab lokasi razia berada di jalur utama jalan negara yang padat kendaraan. (yve)