Kemendes PDTT Sebut Dlingo Desa yang Luar Biasa

162
Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih melihat produk dalam kegiatan  “Desa membangun Indonesia  Festival Dlingo” di Desa Dlingo, Bantul, Minggu (29/7). (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Bantul menjadi salah satu desa yang memiliki kinerja terbaik. Desa ini mampu memaksimalkan dana yang ada, termasuk Dana Desa,  yang dimanfaatkan untuk pembangunan serta pemberdayaan masyarakat.

Desa di bawah kepemimpinan Lurah Bahrun Wardoyo itu  mampu menciptakan DesaMart dan Resto Bale Ketebu dengan masyarakat sebagai pengelolanya.

Selain itu, semua masyarakat  juga terlibat dalam event desa yang dinamakan Festival Dlingo untuk Desa Dlingo, Minggu (29/07/2018).

Pada festival ini dihadirkan segala potensi desa baik ekonomi ataupun wisata, kegiatan eksplorasi desa, pertunjukan budaya dan bazar.

Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih mengatakan Dlingo merupakan salah satu desa di Bantul dengan akuntabilitas kerja terbaik di Bantul. “Untuk menilai kinerja pemerintah desa itu ada beberapa indikatornya,”kata Wabup.

Indikator itu mulai  perencanaan yang sejalan dengan RPJMDes yang sudah diputuskan, penganggaran, kemudian pelaksanaan sesuai dengan perencanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban serta evaluasi.

“Dlingo melaksanakan semuanya dengan baik, bahkan mendapat pengakuan dari pusat. Ini membanggakan sekali bagi Kabupaten Bantul,” kata Halim.

Kabiro Humas dan Kerja Sama Kemendes PDTT, Bonivasius Prasetya Ichitianto, mengatakan  pelaksanaan Undang-undang No 6 tahun 2014 tentang Desa  benar-benar memberikan ruang bagi desa untuk berkreasi membangun wilayahnya.

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) pun memberikan apresiasi bagi desa-desa di Indonesia yang memiliki kemajuan pesat dalam pembangunan.

Desa Membangun Indonesia merupakan serangkaian  kegiatan bazar di desa. Di antaranya workshop pengembangan BUMDes, optimalisasi media sosial, sehingga perkembangan desa tersampaikan dan terkelola dengan baik, termasuk di dalamnya dana desa.

“Desa Dlingo termasuk luar biasa. Karena adanya Dana Desa (DD) mampu menggerakkan semangat seluruh warga dalam berbagai bidang dan mampu meningkatkan perekonomian,” katanya. (sol)