Kemenpora Buat Database Pemain

383
Liga sepakbola profesional masih belum mendapat support pemain muda berbakat karena minimnya database pemain di Indonesia.

KORANBERNAS.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana untuk membukukan data pemain yunior berbakat di tanah air. Rencana itu ditujukan untuk membantu PSSI terkait data pemain untuk timnas kelompok umur.

Salah satu kelemahan pembinaan pemain di Indonesia adalah PSSI tak punya database pemain dari tingkatan umur. Padahal kompetisi berjenjang sudah banyak digelar di seluruh penjuru tanah air.

“Itulah kenapa tahun depan akan kami buat buku yang berisi data-data pemain. Jadi setiap pelatih timnas di kelompok umur mana pun, bisa menggunakan buku itu. PSSI juga terbantu dengan adanya buku tersebut,” kata Ari Mulyadi Kabid Pembinaan Olahraga Menengah pada Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora.

Kepada Koran Bernas, Ari menyebutkan untuk tahap awal Kemenpora berencana membukukan para pemain berbakat yang muncul dari Liga Sepakbola Pelajar (LSP) baik dari Kelompok Umur (KU) 12 tahun, KU 14, KU 16 dan KU 18 tahun.

“Dari LSP atau Piala Menpora ini, kami menyebar talent scout (pemandu bakat) di berbagai kejuaraan tersebut. Nah, dari situ kita buat data tentang pemain-pemain itu untuk kita serahkan kepada PSSI,” ujar Ari saat berlangsungnya putaran final LSP 2017 dalam rangka Haornas.

Sementara itu, pengamat sepakbola yang didaulat sebagai Manajer Kompetisi LSP 2017, Muhammad Koesnaini, menyebutkan tim talent scout tak akan mendata semua pemain yang mengikuti LSP.

“Kalau secara lengkap semuanya mungkin tidak, kita akan membuat data 100 pemain teratas saja,” ungkapnya.

Pria yang akrab dengan sapaan Bung Kus itu menyatakan para pemain berbakat dari LSP sudah banyak menghiasi timnas kelompok umur. Contohnya saja timnas U-16 yang dilatih eks gelandang legendaris timnas Fachry Husaini.

“Tahun lalu kita serahkan ke Coach Fachry, ini Coach yang kami anggap layak masuk timnas. Ternyata yang lolos 15 orang, saya kira cukup banyak itu. Dan, yang masuk timnas U-19 juga ada dari LSP U-16, yaitu kiper yang dari Persib, M Agil Safiq,” tandas Koesnaini. (ros)