Kendala Teknis Sempat Hambat UNBK Hari Pertama

100
Siswa SMKN 3 Yogyakarta mengikuti UNBK di sekolah setempat, Senin (2/4/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA untuk hari pertama, Senin (2/4/2018) selesai digelar. Secara umum ujian untuk matapelajaran (mapel) Bahasa Indonesia digelar tanpa ada kendala yang berarti selama pelaksanaan ujian di lima kabupaten/kota.

Namun persoalan justru terjadi sebelum UNBK digelar mulai 08.00 WIB untuk sesi pertama. Sebut saja di SMKN 3 Yogyakarta. Sebelum UNBK dimulai, tiba-tija jaringan internet di empat komputer salah satu ruangan putus.

“Padahal sejak sinkronisasi server nasional ke sekolah pada jumat (30/3/2018) lalu, tidak ada kendala yang terjadi di komputer kami yang ada di sepuluh ruangan tempat ujian,” ujar Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Yogyakarta, Bujang Sabri disela ujian di sekolah setempat.

Untungnya, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WIB. Kendala tersebut bisa segera diatasi teknisi dan proktor dengan mengganti komputer dengan laptop cadangan yang disediakan sekolah.

Baca Juga :  Kades Aceh Besar Bimtek Optimalkan Pembangunan Desa

Bujang memperkirakan, gangguan itu terjadi pada perangkat koneksi dan bukan pada provider jaringan internet. Apalagi beberapa hari sebelum UNBK, pihak sekolah sudah berkoordinasi dengan provider untuk menjamin kelancaranya UNBK.

Sekolah juga berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk memastikan pasokan listrik tidak terganggu. Namun untuk mengantisipasi kendala listrik, sekolah itu menyediakan genset dan uniterruptible power supply (UPS) pada setiap PC sehingga UNBK tak akan terganggu sedikitpun jika ada gangguan pasokan listrik dari PLN.

“Sehingga ujian bagi lima ratus dua puluh satu siswa kami selama sehari tidak terganggu,” jelasnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (kadisdikpora) DIY, Baskara Aji di kantornya mengungkapkan, pihaknya juga mendapatkan laporan, gangguan listrik sempat terjadi di daerah Kretek, Bantul. Salah satu penduduk menebang pohon dan memutus kabel listrik di kawasan sekolah.

Baca Juga :  Membatik Ala Santri Sebagai Dakwah Islamiyah

“Namun persoalan itu sudah dapat diatasi di tingkat kabupaten. Tidak ada dua puluh menit, listrik sudah nyala,” ungkapnya.(yve)

Jumlah Peserta UNBK SMK DIY 2018

Kab/Kota           Sekolah      Peserta
Kota Jogja          30              5.285
Bantul                49              5.573
Kulonprogo         35              3.608
Sleman               58             7.263
Gunungkidul        46             6.015

Total                  218           27.744

sumber: Disdikpora DIY