Kepala Desa Tidak Perlu Merasa Takut

280
Kapolres  Temanggung AKBP Maesa Soegriwo saat memberi pengarahan. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Bertempat di Pendapa Pengayoman Temanggung, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung  melakukan penandatanganan MoU dengan Polres setempat terkait kerja sama pengawasan dana desa di kabupaten ini.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan antara Bupati Temanggung Bambang Sukarno dengan Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo, Kamis (09/11/2017), disaksikan sejumlah kepala desa.

“Penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU oleh Kapolri dengan beberapa menteri,” ungkap  AKBP Maesa Soegriwo ditemui usai acara tersebut.

Kesepakatan bersama itu dilakukan agar Bhabinkamtibmas, para Kapolsek, Bhabinsa dapat mengawasi dan mendampingi pembangunan yang dilaksanakan di desa.

Dia mengharapkan, para kepala desa tidak merasa takut terkait adanya pengawasan. “Hendaknya  pelaksanaan pembangunan desa sesuai dengan prosedur yang sudah ada secara transparan,” pintanya.

Secara teknis kegiatan pengawasan dilaksanakan dengan pengecekan setiap hari oleh Bhabinkamtibmas bersama Kapolsek dan kepala desa, untuk memonitor progres pembangunan yang dilaksanakan.

Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, mengatakan dana desa agar segera dicairkan dan segera digunakan sesuai rencana yang ditetapkan.

“Ini sudah ada MoU tindak lanjut dari pusat, insyaAllah pemerintah pusat, pemerintah daerah juga termasuk kepala desa, perangkat desa akan memberikan yang terbaik untuk desa,” terang Bupati.

Dia juga berharap, ketika rasa saling percaya terbangun antara pemerintah dan masyarakat, niscaya dana desa dapat terserap dengan cepat dan penggunaannya dapat meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. (sol)