Ketua RT Perlu Menjaga Jam Wajib Belajar

295
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto melaksanakan reses, Rabu (06/12/2017).

KORANBERNAS.ID –  Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengajak ketua RT, ketua RW dan masyarakat untuk menjaga pelaksanaan jam wajib belajar (JBM). Langkah ini diperlukan sekaligus sebagai salah satu cara mencegah kekerasan terhadap anak maupun anak menjadi pelaku kekerasan.

“Jam Wajib Belajar pukul 19:00 sampai 21:00. Artinya, secara sosial Pak RT dan Pak RW ikut bertanggung jawab,” ujarnya saat melaksanakan reses, Rabu (06/12/2017), di RM Ingkung Grobog.

Anggota dewan dari PDI Perjuangan daerah pemilihan (Dapil) Kota Yogyakarta ini mengakui, memang negara harus bertanggung jawab namun demikian masyarakat juga tidak boleh abai, lepas tangan begitu saja.

Apalagi berdasarkan Perda No 5 Tahun 2014 tentang Pelayanan Publik, RT dan RW merupakan bagian dari pelaksana penyelenggara negara, maka mereka harus ikut peduli.

“Jika di lingkungannya menemukan ada anak-anak nongkrong, difoto kemudian diinformasikan melalui media sosial, niki anakke sinten nggih,” ujarnya mencontohkan.

Menurut dia, cara seperti ini berguna sebagai kontrol sosial terhadap orang tua yang tidak  memperhatikan anaknya.

Eko Suwanto mengakui, peran orangtua, apalagi ibu, sangat penting. Karena itu dia mengajak untuk menghidupkan lagi Dasa Wisma beserta kearifan lokalnya.

“Perempuan itu menurut RA Kartini adalah sakaguru peradaban. Menurut Bung Karno perempuan itu sakaguru bangsa. Surga saja berada di bawah telapak kaki ibu,” ungkapnya.

Pada forum tanya jawab, lebih lanjut Eko Suwanto menyampaikan pada prinsipnya keluarga adalah faktor penentu pendidikan anak. “Mari kita rawat dengan baik anak-anak kita, titipan dari Gusti Allah,” kata dia. (sol)