KID Hentikan Sengketa Informasi Bandara

173
Dewi Amanatun Suryani memimpin sidang KID DIY. (dok koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID —  Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (04/01/2017) menjatuhkan Putusan Sela menghentikan Sengketa Informasi Publik antara Teguh sebagai Pemohon terhadap Termohon PT Angkasa Pura 1 Yogyakarta selaku Termohon.

“Berdasarkan pemeriksaan awal dan keterangan Termohon, diketahui Informasi Publik yang dimohon Teguh merupakan informasi yang dikuasai PT Angkasa Pura 1. KID tidak mempunyai kewenangan relatif untuk menyelesaikan sengketa a quo,” ungkap Dewi Amantun Suryani, Ketua Majelis ketika membacakan putusan.

Dari sidang yang berlangsung di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY tersebut terungkap, berdasarkan keterangan dan bukti-bukti yang disampaikan Termohon, informasi yang dimohon oleh Pemohon merupakan informasi yang  dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim dan atau diterima oleh Termohon.

Baca Juga :  Lindungi Hak Anak Sampai Level Terkecil

“Dalam perkara a quo  informasi yang dimohonkan merupakan informasi yang dikuasai Pejabat Penegelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) PT. Angkasa Pura 1 Pusat,” ungkap Dewi.

Dengan memeriksa kedudukan (legal standing) Termohon tersebut, maka KID DIY tidak mempunyai kewenangan relatif untuk menyelesaikan sengketa a quo.

“KID memutus menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya, dan menghentikan seluruh proses penyelesaian sengketa informasi antara Teguh dengan Pimpinan PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta,” kata Dewi Amantun Suryani.

Pada persidangan juga ditemukan fakta persidangan, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Adisutjipto Yogyakarta tidak mengimplementasikan UU KIP beserta peraturan pelaksanaanya.

Sebagaimana diberitakan, sengketa ini bermula ketika Teguh,  mahasiswa yang tercatat warga Umbulharjo Kota Yogyakarta itu, memohon informasi Rencana Anggaran Belanja Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan rincian ganti kerugian lahan pembangunan NYIA.

Baca Juga :  Help Desk Angkasa Pura Dengar Suara Sekecil Apapun

Permohonan Teguh tidak mendapatkan jawaban yang sesuai dengan ketentuan perundangan KIP. Pemohon mengadukan sengketa informasi publik ke KID DIY. Majelis Komisioner yang menangani terdiri dari Dewi Amanatun Suryani (Ketua merangkap Anggota) serta Martan Kiswoto dan Warsono. (sol)