KID Siap Sidangkan Sengketa Informasi NYIA

175

KORANBERNAS.ID — Komisi Informasi Daerah (KID) Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (12/12/2017), dijadwalkan mengadakan Sidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, antara Pemohon bernama Teguh dengan Termohon PT Angkasa Pura 1 (Persero) Yogyakarta.

Dewi Amanatun Suryani SIP MPA selaku Ketua Majelis, Senin (11/12/2017) menyampaikan, sebagai warga negara, Pemohon (Teguh) meminta informasi tentang Rencana Anggaran Belanja (RAB) serta rincian ganti kerugian lahan pembangunan bandara New Yogyakarta Internastional Airport (NYIA).

Menurut Pemohon, surat permohonan informasi sudah dilayangkan tanggal 22 Agustus 2017 dan telah diterima hari yang sama. Sedangkan Project Manager PT Angkasa Pura I, R Sujiastono dalam jawaban yang diberikan kepada pemohon menyatakan data yang diminta Pemohon tidak dapat diberikan karena merupakan bagian dari rahasia negara.

Baca Juga :  Merapi Tourism Festival Perebutkan Piala Gubernur

Mendapat jawaban tersebut, Pemohon mengajukan keberatan atas tidak ditanggapinya permohonan informasi. Menurut Pemohon, tujuan dari permohonan informasi tersebut untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara yang transparan, efisien, dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan tidak ditanggapinya surat keberatan tersebut, maka Teguh mengajukan sengketa di Komisi Informasi Daerah DIY,” kata Dewi.

KID sudah mempelajari dan meregister aduan tersebut, kemudian membentuk Majelis Komisioner untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Adapun Majelis yang menangangi sudah ditetapkan Dewi Amanatun Suryani SIP MPA (Ketua Majelis), dengan anggota Martan Kiswoto dan Warsono SH, serta Hazwan Iskandar Jaya SP (Mediator).

Dewi Amanatun menambahkan, pada pemeriksaan awal persidangan akan digali kedudukan hukum (legal standing), baik Pemohon dan Termohon. “Kami minta keterangan dari Pemohon maupun Termohon baik legal standing, proses permohonan informasinya, maupun kewenangan Komisi Informasi Daerah dalam perkara ini,” kata Dewi seraya berharap para pihak dapat hadir memberikan keterangan kepada Majelis. (sol)

Baca Juga :  Event Lari Dinilai Mampu Dongkrak Pariwisata