Kirab Budaya Argorejo Disambut Antusias

1418
Kirab Budaya Desa Argorejo Sedayu Bantul, Minggu (20/08/2017). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Untuk pertama kalinya warga Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Bantul menggelar kegiatan kirab budaya, Minggu (20/08/2017). Peserta berangkat dari balai desa  dan dilepas oleh Ketua TP PKK Bantul, Ny Erna Kusmawati Suharsono. Hadir pula Camat Sedayu, Drs Fauzan Mu’arifin.

Usai dilepas oleh istri orang nomor satu di Bantul itu, para peserta berjalan kaki menyusuri jalan Desa Argorejo. Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kecamatan Sedayu berada di barisan terdepan. Selanjutnya diikuti  kirab  gunungan hasil bumi, ogoh-ogoh, bregada, seni tradisi seperti  jatilan dan musik tradisional serta  ragam  seni lain yang berkembang di desa tersebut.

Masyarakat tampak antusias menyaksikan jalannya kirab. Mereka menonton di pinggir jalan sepanjang rute yang dilalui peserta.

Baca Juga :  Satu Abad GKBI Krakitan Penuh Warna

Ny Eny Rosepramujiati SE MM selaku ketua panitia mengatakan, kirab kali ini diikuti 14 tim, utusan dari 13 pedukuhan dan 1 tim dari TP PKK Desa Argorejo. Event ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Desa Argorejo dan Dinas Kebudayaan Bantul.

“Kirab budaya ini selain untuk nguri-uri budaya dan tradisi, juga sebagai wujud syukur atas segala anugerah Sang Pencipta, sekaligus merayakan HUT RI,” katanya.

Selain  kirab, gabungan kelompok tani (Gapoktan) juga mengadakan pameran yang menampilkan beragam hasil pertanian di Desa Argorejo.

Seorang warga, Susanto Nugroho antusias mengikuti acara tersebut. “Ini baru pertama kali dilaksanakan dan bisa menjadi sarana hiburan serta menjalin kerukunan sesama warga di sini. Kerukunan adalah modal mempercepat pembangunan di Argorejo,” katanya. (sari wijaya)

Baca Juga :  Rp 400 Jutaan untuk Membangun 5 Rumah dan PAUD di Selopamioro