Kirab Budaya Rintisan Desa Budaya Guwosari Disambut Antusias

292
Kirab budaya menandai kegiatan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Guwosari, Pajangan, Selasa (14/08/2018) sore. (Sari Wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Kirab budaya mewarnai  kegiatan Gelar Potensi Rintisan Desa Budaya Desa Guwosari,Kecamatan Pajangan,Selasa (14/08/2018) sore. Kirab dimulai dari pertigaan Sindon menuju Balai Desa Guwosari yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Sepanjang rute, masyarakat berjubel untuk menyaksikan jalannya kirab yang sangat menarik tersebut.

Terlihat ada Bregodo Arya Selarong dari Dusun Gandekan,Tari Rampak Satrio Selarong dari Dusun Karangber, Gejog Lesung Karya Manunggal dari Kalakijo, Gejok Lesung Puspita Sari dari Santan dan pentas Pekbung dari Dusun Kalakijo.

Kegiatan ini dihadiri Joko Purnomo  anggota DPRD DIY, Camat Pajangan Sambudi Riyanto, Danramil Pajangan Kapten chb Sarmin, Sekcam Pajangan Bambang Subarta, mantan Lurah Desa Guwosari HM Suharto, Pj Lurah Guwosari Solehudin Sya’bani, Babinsa Desa Guwosari Serda Suratmin, Babhinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Suprihandono, Kepala Dusun se Desa Guwosari dan ratusan warga setempat.

Camat Pajangan Sambudi Riyanta dalam sambutanya mengatakan gelar budaya dilaksanakan untuk mendukung keistimewaan Yogyakarta. Kegiatan juga untuk mewujudkan dan melestarikan seni budaya Yogyakarta di Pajangan.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Pajangan, kami sangat mendukung acara ini. Pesan saya masyarakat harus mencintai seni dan budayanya sendiri serta turut melestarikan,” katanya.

Sedangka Heni Purnomo  dari Dinas Kebudayaan Bantul mengatakan dengan rintisan desa budaya ini dapat memberikan dan melestarikan seni budaya Jawa yang adiluhung.

“Dinas kebudayaan akan membantu untuk nguri-uri seni budaya tersebut. Semoga kebudayaan Jawa dapat terus lestari,”katanya.

Selain itu dirinya meminta kelompok seni yang belum mempunyai Nomor Induk Kesenian agar mengajukan NIK untuk berbagai kegiatan khususnya untuk pengurusan bantuan Danais.

“Monggo silahkan untuk segera bisa diurus kepada kami,”katanya. (SM)