Komunitas Ini Pilih Tebar Ilmu di Pelosok Pedesaan

139

KORANBERNAS.ID – Komunitas Kebumen Mengajar kini berusia tiga tahun. Ibarat anak-anak yang belum lancar berbicara atau terbata-bata, para anggota komunitas tersebut tetap bersemangat menyampaikan permasalahan pendidikan yang terjadi di Kebumen.

Mereka juga tidak segan berbagi keceriaan, menebar ilmu dan semangat serta menginspirasi anak-anak sekolah dasar (SD) di wilayah pelosok pedesaan. “Komunitas kami memang wagu,” ungkap Sigit Atmodiwongso, anggota Komunitas Kebumen Mengajar, Rabu (31/01/2018).

Dengan sengaja mereka mendatangi sekolah-sekolah di daerah terpencil dengan akses jalan dan medan sangat sulit. Meski begitu anggota komunitas tersebut merasa bahagia.

Salah satu sekolah yang dikunjungi adalah SD Negeri 3 Giritirto Kecamatan Karanggayam Kabupaten Kebumen. Sekolah tersebut terletak di perbatasan antara Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga :  Pemda DIY Bantu Ribuan Mahasiswa Sulteng

“Karena lebih dekat ke Banjarnegara, masyarakat di sini lebih kenal dengan kabupatan tetangga daripada Kabupaten Kebumen,” kata Sigit.

Akses jalan yang kurang baik membuat SD ini sangat sulit dijangkau. Dengan jumlah siswa sekitar 100 anak, tidak jarang hanya ada dua sampai tiga orang guru saja yang hadir di sekolah.

Bahkan beberapa kali hanya seorang guru yang datang. Komunitas Kebumen Mengajar tidak lantas menyalahkan guru-guru tersebut, karena memang kondisi medannya sangat berat. “Ketika kami ke sana, kami membutuhkan waktu dua tiga jam dari pusat kota Kebumen,“ kata Sigit.

Dia mengakui, banyak orang sebenarnya memiliki kepedulian dan keresahan yang sama. Oleh karena itu mereka mencoba mengajak masyarakat Kebumen berbagi kebahagiaan dan keceriaan untuk anak-anak SD Negeri Giritirto 3 Karanggayam.

Baca Juga :  “Kursiku Mau Nganti Ngetril Lho”

Komunitas Kebumen Mengajar kemudian membuka donasi penjualan paket alat tulis untuk disalurkan ke siswa-siswi SD N 3 Giritirto. Per paket  senilai Rp 10.000.

Apabila ingin berdonasi satu paket alat tulis, cukup mengganti Rp 10.000. Sedangkan 10 paket alat tulis nilain donasi sebesar Rp 100.000. Donasi dapat diberikan tunai maupun transfer ke BNI Syariah 0567281859 atas nama Lynda Mason. (sol)