Kontingen Dansa DIY Merebut 10 dari 66 Medali Kejurnas XII Dansa di Sumatera Utara

271
KONTINGEN DANSA -- Kontingen atlet dansa dari DIY berkakuatan 34 orang, menempati urutan keenam dalam Kejurnas XII Dansa di Sumatera Utara. (Foto: Dokumentasi IODI/Koran Bernas).

KORANBERNAS.ID — Kontingen atlet dansa dari DIY, merebut 10 medali dari 66 medali yang diperebutkan, dalam Kejuaraan Nasional ke-12 Olahrada Dansa, yang berlangsung di Medan, Sumatera Utara, Minggu lalu (9/9/2018). Sepuluh medali itu terdiri dari dua medali emas, dua medali perak dan  enam medali perunggu.

Wakil Ketua III Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Pengda Provinsi DIY, Lucia Destina Kristanti kepada Koran Bernas, Minggu (16/9/2018) menjelaskan, prestasi yang dicapai oleh kontingen DIY membanggakan. Prestasi itu diraih melalui perjuangan panjang pembinaan atlet dansa di DIY, dengan anggaran yang masih terbatas. “Anggaran kami memang terbatas. Tapi semangat teman-teman luar biasa. Banyak kebutuhan pembinaan atlet yang tidak dapat dibiayai pemerintah melalui KONI. Dan kami maju terus untuk meningkatkan prestasi,” kata Tatik, sapaan akrab Lucia Destina Kristanti. Ia menambahkan, dalam Kejurnas ini, DIY mengirimkan 34 atlet untuk berbagai nomor dan kategori.

Baca Juga :  Wisata Jeep Merapi Dihentikan

Mengutip keterangan Ketua Pengda IODI Provinsi DIY Y. Sasongko Iswandaru, SE, Tatik menjelaskan bahwa prestasi dalam Kejurnas di Medan lebih baik dari prestasi Kejurnas sebelumnya di Makassar.

Dengan prestasi 10 medali, kontingen DIY menempati urutan keenam dari 16 peserta provinsi. DIY bersaing ketat dengan kontingen Provinsi Bali yang menempati urutan kelima.

PENERIMAAN MEDALI — Para juara dalam salah satu nomor setelah penerimaan medali. (Foto: Dokumentasi IODI/Koran Bernas).

Peraih medali dari DIY adalah Josecelind Saputra (merebut emas, Nomor Lines Dance Sport, Kategori Gerakan Baku); Pada kategori ini, berpasangan dengan Kyla Ajizah Rahardhi, Josecelind Saputra merebut medali perunggu untuk nomor Syncronise Latin.

Pasangan Frieda Adelia Sidharta dan Elaine Hillary Ong (emas, nomor Syncronise Standard 12, Kategori Standard). Pasangan ini juga merebut medali perak untuk nomor Syncronise Standard, Kategori Standard.

Menemani Frieda di nomor Syncronise Standard 12, pasangan Dara Iliana Adamma dan Zefanya Cynthia merebut medali perunggu. Sedang di nomor Syncronise Standard, pasangan Shafira Lia Maharani dan Nadia Nasywa Naila Pentha meraih medali perunggu.

Baca Juga :  Ada Pengantin Menikah Diatas Crane 20 Meter

Pada Kategori Standard untuk nomor Preamateur Standard, pasangan Gabriel Rimu Dicky Budi Setiawan dengan Angela Adverita Nugraha, merebut medali perak.

Pada Kategori Latin, untuk nomor Pre Amateur Latin, pasangan Yonathan dan Maria Gracetania Felly, S merebut medali perunggu. Pasangan ini merebut dua perunggu. Satu perunggu lainnya diraih melalui nomor FFA Jive.

Untuk Kategori Hip Hop, nomor Traditional Dancesport, pasangan Dinda Prajna Paramita dan Jerry Bayu Mawardi merebut medali perunggu.

Hingga Kejurnas berakhir, urutan perolehan medali adalah sbb:

 NO PROVINSI EMAS PERAK PERUNGGU TOTAL   

1

SULAWESI SELATAN

5

5

2

KALIMANTAN TIMUR

4

6 5

15

3

JAWA TIMUR

4

1 1

6

4

JAWA BARAT

3

3 3

9

5

BALI

2

3 4

9

6

YOGYAKARTA

2

2 6

10

7

DKI JAKARTA

1

4

5

8

KEP.RIAU

1

1

2

9

JAWA TENGAH

1 2

3

10

NTB

1

1

11

KALIMANTAN UTARA

1

1

13

KALIMANTAN SELATAN

14

PAPUA

15

PAPUA BARAT

16

SUMATERA UTARA

(iry)