Kota Selalu Berjaya Di Renang PORDA

377
pertandingan renang di arena akuatik UNY Kampus Wates

KORAN BERNAS.ID WATES — Kolam renang atau arena akuatik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Kampus Wates yang menjadi venue cabang renang pada Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY tahun ini, benar-benar dimanfaatkan secara maksimal oleh kontingen renang Kota Yogyakarta untuk mendulang medali emas.

Betapa tidak, dari 34 medali emas yang diperebutkan, setengahnya berhasil dibawa pulang atlet-atlet renang Kota Yogyakarta. Yohanes Mulyono selaku ofisial dan pengurus Pengkot PRSI Kota Yogyakarta menuturkan kekuatan kontingen Kota Yogyakarta di cabang renang masih yang terbaik di DIY.

“Ini memang sudah kita prediksi dari awal. Kami yakin bisa juara umum lagi di cabang renang,” katanya pada Koran Bernas, Kamis (3/8) kemarin.

Pada Porda kali ini, PRSI Kota Yogyakarta yang membidik 16 emas bahkan berhasil melampaui target awal, karena 18 medali emas berhasil diraih para atlet renang Kota Yogyakarta. “Awalnya memang 16 emas, dan hampir merata di setiap nomor. Misalnya, kupu 50 meter putra dan putri, dada 50 meter putra, serta estafet,” tutur dia mengomentaro cabang renang yang selesai pada Senin (31/7) sore kemarin.

Baca Juga :  Gelar Piala Raja, akan Diperebutkan Ribuan Taekwondoin

Panitia pertandingan yang juga Ketua Harian Pengkab Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI)  Kulon Progo Suharyanto menyebutkan, dominasi Kota Yogyakarta masih terlalu kuat untuk disaingi daerah lainnya. Menurut pria yang akrab disapa Harry itu, hanya kontingen Sleman yang mampu sedikit mengimbangi, meskipun keberadaan infrastruktur kolam renang yang baik sudah tersebar secara merata di Yogyakarta.

“Tahun ini Porda cabor renang diikuti oleh 68 atlet dari seluruh kabupaten/kota. Namun, masih belum merata karena kontingen Kota mengirimkan paling banyak yaitu 20 atlet, kemudian Bantul 16 atlet, Sleman 15 atlet, Kulon Progo sembilan atlet, dan Gunungkidul hanya delapan atlet,” ujar Harry.

Sulitnya kekuatan Kota Yogyakarta untuk disaingi daerah lain juga dikarenakan banyak bercokolnya atlet-atlet renang yang memperkuat DIY di PON tahun lalu, seperti Raven Chrissando Pratista uang mempersembahkan emas di nomor 50 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya kupu-kupu dan 50 meter gaya dada putra.

Baca Juga :  Siapa Bilang Taekwondo Tak Cocok untuk Anak

Emas lainnya disumbangkan Rezca Chrissamor di 200 meter gaya bebas putri, Maura Khalisa Zulfa di 100 meter gaya dada putri, Armandani Putra Nan Sidiq di nomor 100 meter gaya punggung putra, serta emas dari nomor tim atau beregu seperti  tim estafet 4×100 meter gaya ganti putra, tim estafet 4×200 meter putra dan estafet 4X200 meter gaya bebas putri. (ros)