Kawasan Tugu Kota Yogyakarta (tugeg sundjojo/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Predikat smart city akan semakin melekat disandang Kota Yogyakarta. Tim Riset Rangking Kota Cerdas Indonesia (RKCI) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah melakukan verifikasi dan validasi data untuk memetakan peringkat kota-kota di Indonesia, termasuk Kota Yogyakarta.

Dari 93 kota di Indonesia yang diikutkan dalam perangkingan RKCI, 31 kota termasuk dalam tiga kategori pemilihan. Kota Yogyakarta masuk dalam 11 besar kategori Kota Sedang dengan jumlah penduduk 200 ribu hingga 1 juta bersama Balikpapan, Banjarbaru, Binjai, Denpasar, Jayapura, Kediri, Manado, Pontianak, Samarinda dan Surakarta.

“Kota yogyakarta sebenarnya sudah menerapkan smart education, culture dan tourism. Namun dalam penerapannya belum terintegrasi di dinas terkait,” ujar tim riset RKCI, Iqbal Fityan Genial di Pemkot Kota Yogyakarta, Selasa (15/08/2017).

Baca Juga :  Setiap Rumah Sakit Punya Masalah Sendiri

Indikator penilaian yang dilakukan tim riset tersebut didasarkan pada tiga domain utama. Sebut saja smart economy, smart society dan smart enviroment di pemerintahan maupun masyarakat.

Tim tersebut melakukan pemeringkatan mulai dari tahap awal secara online. Tahap kedua dilakukan klarifkasi dan verifikasi, baik di tingkat pemerintah kabupaten/kota maupun masyarakat.

“Kami menggali dua perspektif, baik pemerintahan maupun masyarakat. Di tingkat masyarakat, kami mengambil seratus responden di masing-masing kota untuk menjawab sejumlah kuisoner terkait kebijakan smart city,” jelasnya.

Predikat tersebut, ditambahkan anggota tim riset lain,
Aulia Rinald Muhammad rencananya akan diumumkan pada Oktober mendatang. Diharapkan hasil dari pemeringkatan itu dapat menjadi referensi dan contoh kota lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca Juga :  Polisi dan Satpol PP Harus Tegas Tegakkan Aturan

“Hasilnya nanti dapat di-sharing-kan dan diterapkan ke kota-kota lainnya,” imbuhnya.(Tugeg Sundjojo/yve)