KPI DIY Konsisten Kawal Pergub SDGs

136
Sekwil KPI DIY Halimah Ginting SH menyampaikan keterangan pers di sela-sela acara Media Briefing, Jumat (07/06/2018), Hotel Cakra Kusuma Jalan Kaliurang Km 5,5, Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID – Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) DIY akan konsisten mengawal pembentukan maupun pelaksanaan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY yang membahas tentang Rencana Aksi Daerah Sustainable Development Goals (RAD-SDGs) DIY.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Wilayah KPI DIY, Halimah Ginting SH, kepada wartawan Jumat (08/06/2018) di Hotel Cakra Kusuma Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

“Kami berharap Pergub tersebut dapat segera disahkan. Sudah ada gambaran pengesahan Pergub tersebut dijadwalkan awal Juli 2018,” ujarnya di sela-sela acara Media Briefing Perkembangan Draft Pergub RAD-SDGs untuk Wewujudkan SDGs yang Responsif Gender, Inklusif dan Transformatif di DIY.

Menurut dia, Pergub tersebut tidak semata-mata disahkan akan tetapi perlu dikawal supaya pada tataran pelaksanaannya benar-benar bisa mengurangi kemiskinan.

Baca Juga :  Kala Difabel Senam di Atas Kursi Roda

“Awal Juli disahkan tapi ini tidak hanya sekadar mengesahkan,  bisakah mengurangi kemiskinan?. Apa saja yang akan dilakukan di sana untuk mengurangi kemiskinan,” ujarnya.

Peserta media briefing mendengarkan penjelasan dari narasumber. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Sejak awal, KPI DIY konsisten terhadap persoalan SDGs, karena sudah menjadi persoalan bersama. Artinya, bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja tetapi tugas bersama.

“Kami berharap agar semua pihak terlihat penyusunan Pergub sebab jika terjadi ketimpangan dan kemiskinan maka perempuan yang menjadi korban,” tandasnya.

Untuk mengawal Pergub tersebut ke depan, dibentuk empat pilar yaitu pilar sosial, ekonomi, lingkungan dan hukum serta pillar tata kelola.

Pergub SDGs itu disusun mengacu pada Peraturan Presiden (Prerpres) Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Baca Juga :  Seniman Banyumas Luncurkan Album “Bingkai Nusantara”

Seperti diketahui, pada Selasa 5 Juni 2018 Presiden RI Joko Widodo secara simbolis menyerahkan RAN SDGs/TPB, antara lain yang menerima adalah Gubernur DIY.

Adapun tahapan pembentukan Pergub itu sendiri sudah dimulai sejak  Januari 2018 melalui penyusunan draft termasuk lampirannya.

Pemerintah DIY dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY sudah berperan antara lain melalui penetapan indikator, kebijakan dan program, persiapan data dan informasi, monitoring evaluasi dan pelaporan serta dukungan anggaran. (sol)