KPUD Temanggung Sosialisasi Pilkada Melalui Medsos

198
Komisioner KPUD Temanggung Wiwik Handayani memberikan pengarahan kepada anggotanya. (endri yarsana/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Temanggung melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 lewat media sosial (medsos). Langkah ini dinilai lebih efektif.

Wiwik Handayani selaku komisioner KPUD Temanggung ketika ditemui Kamis (18/01/2017) mengatakan saat ini semakin banyak orang menggunakan media sosial.

“Di Temanggung sendiri hampir separuh lebih dari kalangan anak muda dan orang tua, semuanya menggunakan sosial media,” ungkapnya.

KPUD Temanggung juga gencar melakukan sosialisasi tersebut dengan cara share informasi yang berkaitan tahapan Pilkada melalui akun resmi KPUD Temanggung.

Adapun medsos yang digunakan yaitu Facebook, Twitter, Instagram. Selain medsos, sosialisasi dan penyampaian informasi juga menggunakan whatsapp group oleh anggota PPK maupun PPS.

Guna menanggulangi berita hoax, KPUD mengimbau pengguna medsos agar mencari informasi  resmi hanya dari akun KPUD. Lembaga ini juga akan membentuk tim satgas khusus sosmed yang fokus pada pengelolaan sosmed KPUD.

Menurut dia, masyarakat sudah cerdas menerima informasi, hanya saja tetap harus mencermati setiap informasi yang diterimanya, serta memilah dan memilih informasi yang benar atau yang salah.

“Masyarakat diharapkan juga dapat ikut serta menyampaikan pesan yang telah diinformasikan oleh KPUD agar pesan dapat tersampaikan ke masyarakat hingga lapisan bawah,” pintanya. (sol)