Kuasa Hukum PKL Tuding Upaya Penggembosan

252
Teguh Purnomo, Kuasa ukum PKL Pendowo Purworejo (hery priyantono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID–Salah satu Kuasa Hukum Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Pendowo, Teguh Purnomo, menyayangkan ada upaya penggembosan yang dilakukan oleh segelintir pejabat Pemkab Purworejo.

Teguh menduga ada upaya bujuk rayu serta tekanan secara sistematis kepada sejumlah anggota PKL Pendowo berkait dengan gugatan hukum yang mereka layangkan kepada Bupati Purworejo, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kepala Dinas Perhubungan Purworejo.

“Saya mendapatkan aduan dari beberapa klien kami, yakni anggota PKL Pendowo yang mendapatkan tekanan dari pihak-pihak pemerintahan. Tujuan jelas, agar menarik gugatan,” ujar Teguh, Rabu (11/10/2017) siang.

Menurut Teguh, praktik semacam itu bisa dikatakan upaya intimidasi. Dan cara-cara tersebut masih bergaya orde baru.

“Saya tegaskan bahwa upaya hukum yang dilakukan para PKL Pendowo ini harusnya diapresiasi sebagai wujud menegakkan supremasi hukum. Ini edukasi peradilan yang positif. Dan melalui peradilan ini justru suatu bentuk langkah yang intelektual, ilmiah dan bermoral,” papar pria Mantan Pimpinan Bawaslu Jateng tersebut.

Hal itu pulalah yang membuat dia mengungkapkannya di dalam Sidang Mediasi di Pengadilan Negeri (PN) Purworejo, Rabu (11/10/2017.

Di depan Hakim Mediator PN setempat, diungkapkan, gugatan hukum PKL Pendowo bisa menjadikan pemerintah dalam mengambil sebuah perencanaan dan keputusan agar lebih hati-hati.

“Banyak aspek yang mendasari munculnya sebuah keputusan. Ada aspek yuridis, aspek sosiologis dan aspek filosofis dalam menentukan sebuah keputusan dan kebijakkan,” ungkap pria yang pernah tergabung dalam Tim Hukum untuk Pengungkapan Kasus Kematian, Munir Kontras.

Asisten 1 Sekda Purworejo Murwanto menepis anggapan pihaknya melakukan penggembosan. Saat dilaksanakan Pertemuan pertama antara pihaknya dengan PKL Pendowo di Pengadilan Negeri (PN) Purworejo pekan lalu, dia mengungkapkan itu hanyalah pendataan untuk anggota PKL Pendowo. “Nggak, nggak ada. Itu Cuma pendataan yang kami lakukan saja,” ucapnya kepada koranbernas.id. (SM)