KUBE Berprestasi Harumkan Nama Sleman

341
Wakil Bupati Sleman, Dra Hj Sri Muslimatun MKes menyerahkan hadiah pemenang KUBE Sleman 2017. (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Sebagai salah satu bentuk pembinaan pada Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Evaluasi Program KUBE Berprestasi 2017, Jumat  (20/10/2017), di RM Pecel Blora, Wadas Tridadi Sleman.

Kepala Dinsos  Sleman Sri Murni Rahayu SH MM menyampaikan evaluasi kelompok dilakukan dari tiga aspek yakni sosial, ekonomi, dan kelembagaan.

Proses evaluasi juga melalui beberapa tahapan yaitu sosialisasi, pendaftaran peserta, penilaian administrasi dan diakhiri kunjungan lapangan.

Ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mengetahui dan mengukur perkembangan KUBE, memberikan motivasi dan memberikan bantuan stimulan tambahan berupa pemberian hadiah uang pembinaan.

Evaluasi KUBE Berprestasi 2017 diikuti 23 kelompok KUBE dari 15 kecamatan di Kabupaten Sleman. “Evaluasi KUBE Berprestasi merupakan kegiatan berjenjang hingga tingkat nasional. Pemenang akan mewakili Kabupaten Sleman pada tahun 2018,” terang Murni.

Wakil Bupati Sleman Dra Hj Sri Muslimatun MKes menyampaikan, KUBE bermanfaat meningkatkan kesejahteraan sosial kelompok miskin dengan peningkatan pendapatan keluarga.

”Terbentuknya KUBE mempunyai tujuan untuk mengembangkan dinamika kehidupan kelompok sosial, selain itu juga mengembangkan kreativitas, meningkatkan semangat kebersamaan dan kesetiakawanan sosial, serta melahirkan sikap kemandirian,” jelasnya.

Pada kompetisi-kompetisi sebelumnya, perwakilan KUBE Kabupaten Sleman berhasil meraih prestasi tingkat provinsi dan juga nasional.

Bahkan pada pelaksanaan kompetisi KUBE terakhir, perwakilan KUBE Kabupaten Sleman menjadi KUBE terbaik se-DIY tahun 2017.

”Saya berharap KUBE perwakilan Kabupaten Sleman yang akan berkompetisi di tingkat provinsi dan nasional pulang dengan membawa prestasi dan mengharumkan nama Pemerintah Kabupaten Sleman di mata nasional,” harap Sri Muslimatun.

Evaluasi KUBE Berprestasi tahun 2017 menghasilkan 15 pemenang dengan total hadiah sebesar Rp 75 juta.

Peraih Juara I sebanyak lima kelompok KUBE yaitu KUBE FM Sejahtera XII Sembada DS 005 (Ngaglik), KUBE XIII Bimomartani 01 (Ngemplak), KUBE Sejahtera XIII SL DS 105, KUBE Condongcatur Sejahter II (Depok), KUBE FM Sejahtera X Sembada 084 (Seyegan). (sol)