Kulonprogo Bakal Dilewati Gowes Pesona Nusantara

749
Rute Gowes Pesona Nusantara 2017 (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Ribuan orang peserta bakal mengikuti kegiatan ‘Gowes Pesona Nusantara 2017’ yang akan berlangsung di Kulonprogo 3 September mendatang. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo saat ini tengah menyiapkan berbagai kegiatan pendamping dari iven tersebut

Kepala Disdikpora Kulonprogo, Sumarsana, Selasa (15/08/2017) menuturkan, program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Gowes Pesona Nusantara 2017 telah dimulai pada 14 Mei lalu. Sebanyak 15 goweser memulai perjalanannya dari Pulau Sabang menuju tujuan akhir di Magelang, Jawa Tengah. Magelang akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Olah Raga Nasional RI.

“Kulonprogo menjadi satu dari 90 kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai tempat pergantian etape sepeda. Pada 2 September kita akan jemput di perbatasan Purworejo-Kulonprogo bersama minimal 20 goweser Kulonprogo,” ujarnya.

Untuk lebih memeriahkan acara tersebut di alun alun Wates juga akan digelar kegiatan pendamping. Antara lain berupa jalan sehat,senam angguk atau sekeda menonton pertunjukan musik band, kesenian tradisional, dan freestyle bola funbike, dan sport fair. Jalan sehat dan funbike ditargetkan dapat diikuti oleh 3.000 orang.

“Untuk kegiatan funbike ini pendaftaran peserta sudah dibuka mulai Selasa (15/8) hari ini. Ada promo spesial untuk 1.000 pendaftar pertama. Hanya dengan Rp5.000 sudah mendapatkan fasilitas snack, asuransi, doorprize, dan kaos gratis,” kata Sumarsana.

Funbike ini berangkat dari Alun-alun Wates. Pada kesempatan yang sama, Disdikpora Kulonprogo juga mengadakan Sport Fair. Acara itu akan diikuti oleh beberapa cabang olah raga yang berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY 2017. Diharapkan, masyarakat jadi lebih mengetahui cabang olah raga apa saja yang berkembang di Kulonprogo atau bahkan termotivasi untuk menjadi atlet.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kulonprogo, Budi Hartono menambahkan, ada ritual khusus dalam acara ini. Seperti prosesi pengambilan tanah dan air dari bumi menoreh. Kedua elemen itu nantinya akan digabung menjadi satu dengan air dan tanah dari puluhan kabupaten lain saat perayaan Hari Olahraga Nasional 2017 di Magelang, Jawa Tengah, pada 9 September nanti.

“Penyerahan rencananya dilakukan oleh Bupati Kulonprogo kepada Menpora,” ujar Budi Hartono.(Sri Widodo/yve)