Lagu Jaranan Antarkan Paduan Suara UMP Juara

508
Kelompok paduan suara mahasiswa "Gema Surya Suara " Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PSM GSS UMP). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Kelompok paduan suara mahasiswa “Gema Surya Suara ” Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PSM GSS UMP) berhasil meraih juara dua kompetisi paduan suara Art Vaganza 2017 di Politeknik Keuangan Negara STAN  (PKN STAN), Tangerang Selatan.

Artvaganza 2017 merupakan kompetisi seni bertaraf nasional yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa Pajak (KMP) PKN STAN berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) resmi di PKN STAN.

Kegiatan itu diselenggarakan Minggu (26/11/2017), di kampus PKN STAN, meliputi tiga jenis cabang seni yakni paduan suara, tari tradisional dan sinematografi.

Ketua Gema Surya Suara UMP, Afid Gama Kurniawan di Purwokerto, Rabu (29/11/2017), mengatakan dalam kompetisi tersebut, GSS membawakan dua lagu wajib yakni Jingle Pajak dan lagu pilihan Jaranan.

Lagu Jaranan dipilih karena merupakan lagu daerah Jawa Tengah. Selain itu, juga bukan lagu yang mudah sehingga menantang untuk dikuasai. ”Kami pilih jaranan dan diulik serta diaransemen ulang menjadi aransemen yang keren,” katanya.

Untuk menguatkan warga khas daerah, lanjut dia, kostum menggunakan pakaian khas Banyumasan warna oranye dengan properti kuda kepang atau biasa disebut jaranan. Nilai lebih di aransemen dan koreografi tersebut, membuat tim juri memberikan penilaian juara dua.

Afid Gama mengakui, lawan terberat di antaranya dari PKN STAN, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI), Insitut Teknologi Indonesia (ITI) dan Universitas Muhammadiyah Prof  Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

“Meskipun saingannya berat-berat, namun karena ada nilai lebih yang kami miliki, GSS UMP bisa lolos juara dua. Prestasi ini makin menguatkan rasa percaya diri PSM GSS UMP untuk mengikuti kompetisi bergengsi lainnya ke depan. Kemenangan yang kami raih ini juga merupakan hasil bimbingan pembina GSS, Pak Bambang Waluyo,” katanya. (sol)