Lapas Sleman Over Kapasitas

172
Kalapas Kelas IIB Kabupaten Sleman, Turyanto, beraudiensi dengan Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI di kantor Bupati Sleman, Kamis (10/08/2017). (bid jalasutra/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID –Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Sleman saat ini mengalami over kapasitas. Daya tampungnya hanya 196 warga binaan namun saat ini dihuni 325 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas IIB Kabupaten Sleman, Turyanto, ketika audiensi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman di Ruang Tamu Kantor Bupati Sleman, Kamis (10/08/2017).

Audiensi ini dalam rangka pengajuan permohonan remisi terhadap sejumlah tahanan, untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. “Remisi merupakan hak semua warga binaan,” kata  Turyanto

Sedangkan warga binaan yang diusulkan langsung bebas sebanyak 8 orang. “Kalau nanti ternyata jumlahnya (yang disetujui) turun, itu kita juga tidak tahu ya. Tapi kewajiban kita kan mengusulkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Siswa Sekolah Ini Dilatih agar Tidak Jadi Korban Bencana

Lapas ini juga mengalami kekurangan personel hanya ada 110 staf yang harus mengawasi 325 warga binaan. “Kita sudah mengajukan ke pusat. Insya Allah nanti kita akan mendapat 19 staf tambahan,” terangnya.

Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo MSI menyampaikan dirinya telah melakukan upaya menekan angka kriminalitas,  berkomunikasi dengan berbagai pihak termasuk para Rektor Perguruan Tinggi se-DIY. Ini semua untuk pencegahan. “Sekarang ini yang kita tekankan adalah peredaran narkotika dan pergaulan bebas,” ucapnya. (bid jalasutra/sol)