Legenda Ketoprak Tradisional Mainkan Geger Singosari

379
Pertunjukan kethoprak pendapan dengan lakon "Geger Singosari" oleh Forum Ketoprak Mataram Yogyakarta di Dusun Jonggrangan,Desa Bantul, Kamis (21/06/2018) malam. (sari wijaya/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Ribuan penonton memadati lokasi kethoprak tradisional atau ketoprak pendapan di Dusun Jonggrangan, Desa Bantul, Kamis (21/06/2018) malam. Bukan hanya orang tua,namun remaja bahkan anak-anak larut mengikuti jalannya pertunjukan dengan lakon “Geger Singosari” yang dimainkan Forum Ketoprak Mataram Yogyakarta dengan 48 orang pemain tersebut.

Diantara para pemain itu merupakan tokoh legenda ketoprak dengan banyak penggemar yakni pasangan Widayat-Marsidah,Sarjono,Miyanto dan pemain senior lainnya maupun pemain muda yang masih segar.

Sedangkan untuk dagelan menghadirkan Rio Srundeng putra pelawak Daryadi almarhum dan Novi Kalur putra pelawak kondang Marwoto kawer.Duet keduanya mampu mengocok perut penonton.

Kuswandi penanggung jawab acara mengatakan kegiatan tersebut digelar atas kerjasama Pemerintah Desa Bantul dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Baca Juga :  Warga Terdampak NYIA Tak Puas Ganti Rugi

“Tujuan kegiatan selain memberikan hiburan kepada masyarakat juga untuk pelestarian seni ketoprak tradisional,”kaya Kuswandi.

Sehingga seni kethoptak sebagai warisan budaya bangsa mampu bertahan di era modernisasi saat ini dan tidak tergerus jaman.

Sekaligus pertunjukan ketoprak tersebut untuk memeriahkan pelantikan ketua RT 05 Jonggrangan Agung Basuki Nugroho dan wakil RT Tri Joko Nugroho. Keduanya dengan mengenakan busana jawa dikirab dari kediaman Dukuh Babadan Eko Kustopo ke lokasi pelantikan di panggung yang juga digunakan untuk main kethoprak.

Pelantikan dilakukan oleh Lurah Desa Bantul HM Zubaidi dengan disaksikan Muspika,Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta ratusan tamu undangan lain. (yve)