Lelang Jabatan Berpotensi Cacat Hukum

309

KORANBERNAS.ID — Lelang jabatan atau seleksi terbuka Direktur Rumah Sakit dr Soedirman (RSDS) Kebumen yang akhirnya  gagal karena pendaftarnya kurang dari tiga orang, berpotensi cacat hukum.

Semestinya lelang jabatan bisa dilakukan, jika terdapat lowongan jabatan.  Disebut ada lowongan jabatan jika sebuah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak ada pejabat definitif atau dipimpin pelaksana tugas.

Direktur RSDS Kebumen dr Bambang Suryanto MKes kepada koranbernas.id, Rabu (13/09/2017), mengaku mengetahui ada persoalan hukum (kepegawaian) dalam  lelang jabatan Direktur RSDS Kebumen yang masih dijabatnya.

Mengacu pada Pasal 115 ayat (2) Undang  Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, pasal dan ayat itu bisa ditafsirkan, seleksi terbuka baru bisa dilakukan setelah ada lowongan jabatan.

“Misalnya jabatan direktur dipegang pelaksana tugas atau pejabat direktur dimutasi dulu,“ kata Bambang Suryanto.

Meskipun mengetahui hal itu, dia memilih mengajukan permohonan  pensiun dini, sebelum  tahapan seleksi  terbuka itu selesai.

Permohonan pensiun dini sudah disetujui Bupati Kebumen  HM Yahya Fuad, setelah mengetahui ada seleksi terbuka direktur. Namun, alasan pensiun dini, karena sudah memenuhi  syarat  dan  persiapan menjelang menunaikan ibadah haji tahun 2018.  Penggantian dirinya mungkin ekspetasi bupati di atas kinerjanya. “Per 1 Oktober 2017, jabatan direktur kosong,  “ kata  Bambang Suryanto.

Dia menolak isu yang berkembang di kalangan pegawai RSDS,  Bupati Kebumen  belum pernah mengkomunikasikan lelang jabatan direktur, hingga diumumkan seleksi terbuka direktur.  Bupati Kebumen sudah  menugaskan Kepala Badan Kepegawaian  Pendidikan  dan  Pelatihan Kebumen, Supriyandono SH dan Pelaksana tugas Sekda Kebumen Mahmud Fauzi, menyampaikan rencana seleksi terbuka.

“Pak Priyandono tidak tega menyampaikan  rencana  mengganti direktur, sehingga disampaikan  sekda,“  kata Bambang Suryanto.

Saat dikonfirmasi,   Supriyandono   mengatakan tidak ada cacat hukum seleksi terbuka  Direktur RSDS. Lelang jabatan bisa dilakukan dengan syarat jika ada lowongan jabatan, atau diketahui jabatan  tersebut  akan  kosong, pejabatnya akan  pensiun atau dimutasi. Misalnya  jabatan Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan  Hidup Kebumen. (nanang w hartono)