Lestarikan Anggrek Alam Gunung Merapi

82
Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suyono, didampingi Ketua PAI DIY, Endang Semiarti mengamati tanaman anggrek di Taman Anggrek Titi Orchid Pakem, Rabu (01/08/2018). (istimewa)

KORANBERNAS.ID — Sebagai upaya melestarikan anggrek alam endemik Gunung Merapi yaitu Vanda Tricolor yang menjadi ciri khas flora Sleman, Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman menyelenggarakan Festival Anggrek Vanda Tricolor di Taman Anggrek Titi Orchid Pakem, Rabu (01/08/2018).

Ketua PAI DIY, Endang Semiarti, sekaligus ketua panitia menyampaikan festival tersebut  merupakan bagian dari upaya menanamkan kebanggaan masyarakat akan kekayaan alam di wilayahnya yang berpotensi sebagai obyek wisata lokal, nasional dan internasional serta memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

“Festival kali ini dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 1-5 Agustus 2018, dengan beberapa rangkaian acara di antaranya penilaian lomba atau kontes anggrek Vanda Tricolor yang diikuti 25 peserta,” paparnya.

Baca Juga :  Youthober Meriahkan Plaza Ambarrukmo

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suyono, mengatakan festival anggrek ini mampu memotivasi para pecinta anggrek menumbuhkembangkan minat masyarakat terhadap pengembangan anggrek terutama jenis Vanda Tricolor.

“Pada penyelenggaraan Festival Anggrek Vanda Tricolor yang ke 4 ini kami berharap berjalan tertib dan meriah, sehingga dapat menjadi daya dukung pariwisata daerah,” ujar Suyono. (sol)