Lestarikan Budaya Jogja dari Kacamata Foto

185
Panitia memaparkan Kontes Foto Aku Cinta Yogyakarta' di Museum Benteng Vredeburg, Minggu (08/10/2017). (dwi suyono/koranbernas.id)

KORANBERNAS.ID — Melestarikan dan menumbuhkan rasa memiliki budaya menjadi kewajiban semua pihak, termasuk generasi muda. Berbagai cara bisa dilakukan seperti dari frame atau kacamata foto yang dipotret mereka.

“Menarik minat serta menumbuhkan rasa memiliki saat ini sangat diperlukan bagi generasi muda . Jika minat dan rasa tertarik sudah muncul maka berbagai unsur kreatif akan muncul dan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan generasi muda,” ungkap Kepala Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Zaimul Azah disela pembukaan Kontes Foto bagi para pelajar setingkat SMA se-DIY bertema ‘Aku Cinta Yogyakarta’ di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Minggu (08/10/2017).

Menurut Zaimul Azah, pemerintah selalu membuka ruang kreativitas bagi para generasi muda untuk bisa mencintai budaya dan daerahnya. Melalui kontes foto kali ini diharapkan menjadi salah satu cara menambah minat generasi muda untuk menumbuhkan rasa cinta bangsa.

Baca Juga :  Ini Saran Wabup Trenggalek Sikapi Pilpres 2019

Sementara panitia lomba, Gunawan mengemukakana lomba kali ini mengambil lima tema dan tiga titik foto, yakni di Museum Benteng Vredeburg, Titik Nol dan Ngejaman.

“Sedangkan tema utama terbagi dalam beberapa sub tema seperti aku cinta pariwisata Indonesia, aku cinta tradisi Indonesia, aku cinta warisan budaya Indonesia, aku cinta lingkungan Indonesia dan dan aku cinta aktivitas sosial ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Anggota Masyarakat Sejarahwan Indonesia cabang Yogyakarta itu menambahkan, lomba diikuti sejumlah 102 peserta yang berasal dari para siswa sekolah di DIY. Panitia akan memilih foto terbaik satu hingga empat serta 10 peserta dengan kategori nominasi.

“Para juri merupakan para pakar yang sangat kredibel di bidangnya,” jelasnya.(yve)

Baca Juga :  Ribuan Peleri Melintas di Sejumlah Destinasi Kulonprogo